HomeEkonomi

Presiden Jokowi Proyeksikan Pertumbuhan Ekonomi Tahun 2018 Mencapai 5,4%

Presiden Jokowi Proyeksikan Pertumbuhan Ekonomi Tahun 2018 Mencapai 5,4%

JAKARTA, SUARADEWAN.com — Presiden Republik Indonesia Joko Widodo (Jokowi) mengatakan kegiatan ekonomi desa menjadi penggerak pertumbuhan ekonomi nasional, sehingga proyeksi pertumbuhan ekonomi akan mencapai sekitar 5,3-5,4 persen di tahun depan.

“Ya antara 5,3-5,4 persen saya kira angkanya sekitar itu,” kata Jokowi di kawasan Kuningan, Jakarta, Rabu, 29 November 2017.

Menurutnya, selama ini potensi daerah sangat besar. Namun selama berpuluh-puluh tahun belum tergali dengan maksimal.

Potensi-potensi itu akan mulai tergali dan bergeliat tahun depan. Apalagi pemerintah secara masif melakukan pembangunan infrastruktur, seperti pembangunan bandara dan pembangunan jaringan telekomunikasi.

“Ekonomi daerah itu kan kumpulan ekonomi daerah akan memberi pengaruh terhadap pertumbuhan ekonomi nasional,” ucap dia.

Baca Juga:  Berani, Habib Bahar Ancam Jokowi?

Ia menyebut beberapa contohnya pembangunan infrastruktur yang sudah selesai dibangun adalah pembangunan bandara Silangit dan Labuan Bajo. Kedua bandara itu menjadi salah satu gerbang terbukanya ekonomi di daerah.

“Contoh kita perluas Bandara Labuan Bajo. Di sana sudah ada penerbangan direct. Minggu lalu, bandara yang puluhan tahun tidak pernah diperbaiki dan kita perbaiki Bandara Silangit sebagai bandara internasional. Garuda sudah ada penerbangan direct dari Singapura ke Silangit. Belitung juga akan menjadi bandara internasional,” sebut dia.

Baca Juga:  Jokowi, Prabowo, dan AHY, Koalisi atau Kompetisi di 2019?

Ia juga menyampaikan, salah satu potensi daerah yang terlihat sekali pertumbuhannya adalah sektor pariwisata. Tahun ini jumlah wisatawan internasional meningkat 25 persen dan berdasarkan data Badan Kordinasi Penanaman Modal (BKPM) jumlah investor asing yang menanamkan modal ke Indonesia (PMA) juga mengalami peningkatan 35 persen. (MTV)

Comment