KTT G20 dalam Presidensi Indonesia Menuai Banyak Pujian

Pujian-pujian atas Presidensi Indonesia

SUARADEWAN.com – Presidensi Indonesia yang berlangsung selama 1 Desember 2021 hingga KTT G20 telah usai. Namun rupanya pertemuan tersebut meninggalkan kesan dan pujian dari berbagai negara untuk Indonesia.

Beberapa pihak yang menyampaikan rasa senangnya telah bermitra dengan Indonesia selama KTT G20. Mereka adalah Thomas Bach, Perdana Menteri Jepan Fumio Kishida, Joe Biden, dan Perdana Menteri Australia Anthony Albanese.

Thomas Bach adalah Presiden International Olympic Comittee (IOC) atau badan penyelenggara Olimpiade. Ia mengatakan selarasnya tema KTT G20 dengan motto organisasinya. “Motto KTT G20 (Recover Together, Recover Stronger) secara sempurna menggemakan motto baru Olimpiade (Faster, Higher, Stronger, Together).” Ucapan tersebut tertulis pada halaman @liputan6.com.

Sedangkan Perdana Menteri Jepang Fumio Kishida mengungkapkan ketertarikannya. Ia ingin terus bermitra dengan Indonesia. “Saya ingin terus bekerja sama dengan Indonesia menangani isu kawasan dan isu global. Termasuk upaya mewujudkan Indo-Pasifik yang bebas dan terbuka,” ujarnya.

Baca Juga:  Chaos Akibat Lockdown, Ribuan Rakyat Bentrok Lawan Tentara di Libanon

Joe Biden, Presiden Amerika Serikat, memberikan rasa hormatnya pada Indonesia. Beliau mengatakan dalam pertemuan KTT G20, “Indonesia rekan yang aktif dan krusial bagi Amerika Serikat.”

Anthony Albanese, Perdana Menteri Australia, menyebutkan kesamaan visinya dengan Indonesia. Dalam akun instagramnya @albomp, beliau menulis: “Indonesia adalah rekan dengan kesamaan pandangan terhadap perdamaian dan kemakmuran Indo-Pasifik.”

Tak ketinggalan, Pemerintah Rusia melalui Kementerian Luar Negerinya menyampaikan rasa hormatnya karena Indonesia telah membawa pesan pemersatu dalam KTT G20. “Kami menyambut baik pendekatan konstruktif kepemimpinan Indonesia untuk memajukan agenda pemersatu di bawah motto pemulihan ekonomi global pasca-krisis,” ucap Maria Zakharova, Juru Bicara Kementerian Luar Negeri Rusia.

Baca Juga:  Piala Dunia Qatar 2022: Maroko Bekuk Belgia 2-0

Tiga pemimpin badan dunia lainnya juga memberikan pujian atas kepemimpinan Indonesia. Mereka adalah Kristalina Georgieva, Antonio Gutteres, dan Klaus Schwar.

Kristalina Georgiva, Direktur Pelaksana International Monetary Fund (IMF) mengatakan, “Selamat kepada Presiden Joko Widodo karena telah menyatukan kita dalam suasana yang luar biasa ini. Presidensi Indonesia telah mendorong diskusi serta sinergitas di tengah ketidakpastian global.”

Antonio Gutteres, Sekretaris Jenderal PBB, mengungkapkan, “Saya mengagumi apa yang telah dilakukan Indonesia sebagai Presidensi G20 di bawah Presiden Joko Widodo.”

Dan Klaus Schwar, Executive Chairman World Economy Forum (WEF), memberikan pujiannya dalam KTT G20, “Presiden Joko Widodo tidak hanya pemimpin bagi rakyat Indonesia, tetapi juga pemimpin yang mempunyai visi global yang mempromosikan kedamaian dunia serta kesejahteraan.” ***

Tinggalkan Balasan

banner 728x90