HomeEkonomi

Proyek Reklamasi Terkendala Karena Janji Kerja Anies-Sandi

Proyek Reklamasi Terkendala Karena Janji Kerja Anies-Sandi

JAKARTA, SUARADEWAN.com – Sesuai janjinya saat kampanye di Pilkada Jakarta 2017 lalu, Gubernur dan Wakil Gubernur terpilih Anies Baswedan-Sandiaga Uno tetap kukuh untuk melanjutkan proyek reklamasi Teluk Jakarta.

Hal tersebut ditegaskan oleh Ketua Tim Sinkronisasi Anies-Sandi,  Sudirman Said, saat bertemu dengan Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (Bappenas) membahas sejumlah hal, terutama tentang penaggulangan banjir dan pengelolaan kawasan di sekitar teluk.

“Sesuai dengan janji kerja Anies-Sandi, pihaknya akan tetap menolak melanjutkan reklamasi. Untuk itu perlu mendengar dan menghimpun masukan dari semua pihak. Terutama agar janji reklamasi itu bisa diselaraskan,” kata Sudirman di Jakarta, Selasa (1/8/2017).

Baca Juga:  Kata Anies ke Sandi di Balai Kota: Kita Bukan Tamu Bro, Kita Karyawan

Diketahui, dalam proyek reklamasi ini, ada 13 sungai yang melewati wilayah DKI Jakarta dan bermuara di Teluk Jakarta. Di musim penghujan, daerah ini rawan banjir, terutama saat pasang air laut sedang meninggi.

Apalagi, di sekitarannya pengelolaan saluran air belum membaik. Ditambah lagi masih banyak pemukiman liar di sepanjang Garis Sempadan Sungai (GSS).

Belum lagi diperparah dengan penurunan muka tanah, yang antara lain disebabkan pengambilan air tanah, baik oleh rumah tangga maupun industri. Untuk itu, menurut Bappenas, harus proyek reklamasi harus diteruskan, khususnya untuk pembangunan tanggul.

Baca Juga:  Catatan Ringan Menteri ESDM Tentang Presiden Jokowi

Presiden Joko Widodo sendiri sebelumnya sudah meminta Bappenas untuk melakukan studi terkait rencana reklamasi di Teluk Jakarta ini. Dalam laporannya diungkapkan, ada upaya mendesak yang harus dilakukan pemerintah pusat, DKI Jakarta dan swasta, yaitu dengan membangun tanggul.

“Lalu membangun tanggul di Teluk Jakarta yang menghubungkan pulau reklamasi. Pulau reklamasi adalah sumber pembiayaan karena APBN dan APBD sudah tersedot untuk membangun MRT dan LRT di Jakarta,” terangnya.

Meski demikian, pembangunan ini jadi terkendala. Salah satu sebabnya karena janji kerja Anies-Sandi sendiri yang bersekukuh untuk menolak proyek reklamasi di Teluk Jakarta.

COMMENTS

WORDPRESS: 0
DISQUS: