Puan Maharani Dorong Produksi Motor Listrik dan Energi Surya

SUARADEWAN.com – Acara Electric Vehicle Day yang diselenggrakan pada hari Minggu 18/12/2022 bertempat di Stadion Gelora Bung Karno, membuat Puan Maharani berkendara hanya dengan membonceng sepeda motor listrik.

Sebagai driver Puan Maharani, Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak, I Gusti Ayu Bintang Darmawati, memboncengkan Puan Maharani sepanjang 14 kilometer. Mereka berangkat dari Silang Monas.

“Macet jalanannya, ini pake motor listrik, tapi jadinya gabung dengan motor-motor yang lain. Ini mau menuju GBK dari Monas,” kata Puan Maharani sembari mencoba menikmati suasana jalanan yang macet dan panas.

Di Plaza Timur Stadion Gelora Bung Karno, Puan Maharani tampak masih bersemangat ketika melihat proses produksi motor listrik. Pada pameran tersebut juga terdapat bengkel konversi motor listrik.

Puan Maharani mengatakan pihaknya mendukung penggunaan kendaraan listrik untuk mengurangi polusi udara dan subsidi BBM.

“Namun pemerintah perlu menyiapkan infrastruktur yang lengkap sehingga ketika orang beralih ke kendaraan listrik, mereka terjamin dalam penggunaan kendaraannya,” tutur Puan Maharani.

Sebelumnya, Puan Maharani dan DPR RI telah melakukan langkah kecil untuk mendukung penggunaan energi ramah lingkungan dengan kebijakan penggunaan mobil listrik oleh para delegasi ‘The 8th G20 Parliamentary Speakers’ Summit’ (P20) yang digelar di Gedung DPR RI, Senayan, Jakarta, Oktober 2022.

Kompleks DPR juga telah mempunyai Pembangkit Listrik tenaga Surya (PLTS) dengan kapasitas 1.954, 62 KWP. Hal ini setara dengan pengurangan emisi karbon hingga 183,84 ton, dan setara dengan penanaman 252 pohon rindang. ***

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

banner 728x90