oleh

Pulang Piknik dari Yogyakarta, 36 Warga di Boyolali Terpapar Covid-19

YOGYAKARTA, SUARADEWAN.com — Sebanyak 36 warga Dusun Gondang, Desa Candi, Kecamatan Ampel, Kabupaten Boyolali, Jawa Tengah, terpapar virus corona. Mereka diketahui usai melakukan perjalanan wisata (piknik) bersama, ke Yogyakarta 4 April lalu.

Camat Ampel, Dwi Sundarto membenarkan kabar tersebut. Saat ini seluruh warga dusun melakukan karantina untuk menghindari penyebaran Covid-19 ke warga sekitar lainnya.

“Sebenarnya ada 48 orang yang ikut piknik ke Yogyakarta 4 April lalu. Mereka menumpang 1 armada bus,” katanya saat dihubungi wartawan, Jumat (23/4).

Dia mengungkapkan, awal mula kejadian, salah satu peserta piknik harus menjalani tes swab lantaran teman kerjanya positif Covid-19. Hasil swab menyatakan warga tersebut positif Covid-19. Berdasarkan hasil tracing, seluruh peserta piknik harus melakukan tes swab.

Baca Juga:  Dubai: Selamat Tinggal Kemewahan?

“Akhirnya semua yang ikut piknik terkena tracing, Dari 48 orang yang mengikuti piknik, ada 35 orang yang terkonfirmasi positif,” ujarnya.

Saat ini 33 warga yang tanpa belaka harus menjalani isolasi mandiri. Sedangkan 3 warga yang mengalami gejala batuk dan sesak nafas harus dirawat di rumah sakit.

Berdasarkan tracing lanjutan Dinas Kesehatan Boyolali, ada 51 warga lainnya yang juga menjalani uji swab. Untuk mengantisipasi jalannya karantina dusun, pihaknya berkoordinasi dengan beberapa instansi dan Satgas Jogo Tonggo untuk pemenuhan logistik.

Baca Juga:  Rekor! Kasus Positif Corona Melonjak 973 Orang dalam Sehari, Jatim Terbanyak

“Selain itu, ada 2 Sekolah Dasar (SD) yang berada di sekitar lokasi harus menghentikan kegiatan pembelajaran tatap muka. Kegiatan keagamaan seperti salat Tarawih dan Taman Pendidikan Quran juga harus dihentikan sementara,” pungkas dia. [fik/mer]

Komentar

Berita Lainnya