HomeInternasionalTimur Tengah

Qatar Dukung Terorisme, Empat Negara Timur Tengah Putus Hubungan Diplomatik

Qatar Dukung Terorisme, Empat Negara Timur Tengah Putus Hubungan Diplomatik

JAKARTA, SUARADEWAN.com – Kabar tentang mencuaknya isu dukungan Qatar terhadap terorisme dan ajakan kepada negara-negara Teluk untuk bekerja sama dengan Iran, membuat gerah sejumlah negara Timur Tengah. Arab Saudi, Mesir, Uni Emirat Arab, dan Bahrain, memutuskan hubungan diplomatik mereka dengan Qatar.

Isu dukungan Qatar terhadap terorisme tersebut dipicu karena Qatar mendukung gerakan Al-Ikhwan al-Muslimun, sebuah gerakan Islam tertua di dunia. Pun ini menguatkan alasan bahwa Qatar benar-benar mendukung sejumlah agenda negeri Iran.

“Qatar mencakup beberapa kelompok teroris dan sektarian yang bertujuan mengganggu stabilitas di kawasan ini, termasuk Al-Ikhwan al-Muslimun, ISIS, dan Al-Qaeda, serta mempromosikan pesan dan skema kelompok-kelompok ini melalui media mereka terus-menerus,” terang Kerajaan Arab Saudi, negara pertama yang memutus hubungan dengan Qatar.

Baca Juga:  Usai Serahkan LC ke Emir Qatar, Dubes Doha Banjir Ucapan Selamat dari WNI

Riyadh sendiri juga sudah dinyatakan menutup perbatasannya serta memutus hubungan darat laut, dan udara dengan Qatar. Alasan yang diberikan adalah “melindungi keamanan nasional dari bahaya teroris dan ekstremis.”

Tiga negara Teluk yang kaya minyak lainnya juga mengumumkan penutupan hubungan transportasi (blokade) atas Qatar. Warga Qatar yang kini masih berada di wilayahnya diberi waktu selama dua minggu untuk kemudian meninggalkan negara mereka.

Baca Juga:  Konflik Arab-Qatar, Saudi Akan Bangun Kanal Besar Ubah Qatar Jadi Pulau

Para diplomat Qatar sendiri diwajibkan untuk meninggalkan negara mereka dalam kurun waktu 28 jam setelah pengumuman tersebut disampaikan.

Mereka berpandangan bahwa kebijakan Qatar mengancam keamanan nasional Arab dan menabur benih perselisihan dan perpecahan di masyarakat Arab sesuai dengan rencana yang disengaja yang ditujukan untuk kesatuan dan kepentingan negara Arab. (ms)

COMMENTS

WORDPRESS: 0
DISQUS: 0