HomeInternasionalTimur Tengah

Qatar Tuduh Arab Saudi Politisasi Jamaah Haji Mereka

Qatar Tuduh Arab Saudi Politisasi Jamaah Haji Mereka

QATAR, SUARADEWAN.com – Konflik Qatar – Arab Saudi masih terus berlanjut, kali ini perseteruan itu menyangkut ibadah haji yang klaim oleh Qatar pihaknya dipolitisasi oleh Arab Saudi.

Hal tersebut karena sebelumnya Riyadh memberlakukan pembatasan terhadap warga negara Qatar ingin menunaikan ibadah haji ke Makkah. Oleh Arab Saudi Jamah Haji Qatar hanya dapat memasuki Arab Saudi melalui dua bandara dan hanya boleh melakukan perjalanan melalui Doha untuk bisa masuk ke Saudi.

Baca Juga:  Usai Serahkan LC ke Emir Qatar, Dubes Doha Banjir Ucapan Selamat dari WNI

”Pembatasan tersebut termasuk pelanggaran berat terhadap hukum dan kesepakatan internasional yang menjamin hak untuk beribadah,” kata pihak Komisi Hak Asasi Manusia Nasional Qatar (NHRC).

Sebagaimana diketahui, panas dingin dunia Timur-Tengah antara UEA dan Qatar akibat tuduhan terhadap Qatar yang mendanai teroris, terdapat empat negara yang memutus hubungan diplomatik dengan Qatar, yakni Arab Saudi, Uni Emirat Arab, Bahrain dan Mesir.

Baca Juga:  Emir Qatar Tawarkan Kerjasama Infrastruktur Kepada Pemerintah Indonesia

Hal tersebut juga berdampak pada urusan ibadah haji, Saudi menegaskan bahwa para jamaah haji Qatar menjadi pengecualian dalam blokade.

”Pihak berwenang Saudi mengizinkan jamaah Qatar masuk ke Arab Saudi hanya melalui dua bandara Qatar saja, sehingga warga Qatar manapun yang berada di luar negeri, pertama-tama harus kembali ke Qatar kemudian melakukan perjalanan ke Arab Saudi,” lanjut NRHC. (si)

COMMENTS

WORDPRESS: 0
DISQUS: 0