HomeDaerahTangerang Raya

Rano-Embay Kalah di PSU Kota Tangerang

Rano-Embay Kalah di PSU Kota Tangerang

JAKARTA, SUARADEWAN.com – Pasangan incumbent Rano Karno – Embay Mylya Syarief menelan kekalahan dalam Pemungutan Suara Ulang (PSU) Pilkada Banten di Kota Tangerang, Sabtu, 15 Februari 2017.

Dari empat Tempat Pemungutan Suara (TPS) yang melakukan PSU, yakni TPS 3, TPS 5, TPS 7 dan TPS 15, Rano-Embay hanya mampu unggul di TPS 3 Keluruhan Sukarasa, Kecamatan Tangerang dengan perolehan 153 suara dari 188 orang. Adapun pasangan Wahidin Halim – Andika Hazrumy, hanya dipilih oleh 34 orang di lingkungan yang mayoritas warganya ini adalah pedagang.

Untuk di TPS 5 Nusajaya, Kecamatan Karawaci, dari pemilih sebanyak 356 orang, Wahidin-Andika mendapat 240 suara, sedangkan Rano-Embay 110 suara. Begitupun di TPS 7 Kelapa Indah, Wahidin-Andika unggul dengan perolehan 302 suara, sementara Rano-Embay hanya 100 suara.

Dan terakhir, di TPS 15 Nusajaya, Wahidin-Andika lagi-lagi menang dengan raihan 205 suara dari total pemimilih 345 orang. Sementara Rano-Embay hanya mampu mengumpulkan 128 suara.

Hingga penghitungan suara ini selesai, tak satu pun saksi dari pihak Rano-Embay menghadiri proses pemungutan suara ulang tersebut.

“Di tempat kami saksi hanya dihadiri dari pasangan calon 1,” kata Ketua Panitia Pemungutan Suara (PPS) TPS 3 Sukarasa, Awal Romadhon.

Seperti diketahui, PSU di empat TPS Kota Tangerang ini didasarkan pada laporan yang diterima oleh Panitia Pengawas Kecamatan Tangerang dan Karawaci. Sebagaimana dilaporkan, ada pembukaan kotak suara tanpa prosedural di empat TPS tersebut saat Pilkada 15 Februari 2017 lalu.

“Pembukaan kota suara (tanpa prosedural) merupakan pelanggaran Pilkada sehingga harus dilakukan pencoblosan ulang,” terang Ketua Panitia Pengawas Pemilihan Umum Kota Tangerang, Agus Muslim.

Meski demikian, Tim Pemenangan Rano-Embay, dalam siara persnya, menyatakan menolak pencoblosan ulang yang hanya dilakukan di empat TPS tersebut. Pihaknya justru menuntut untuk dilakukan PSU di seluruh TPS Kota Tangerang.

“Kami meminta Bawaslu dan KPU Pusat mensupervisi KPU dan Panwaslu Kota Tangerang,” tegas Ketua Pemenangan Rano-Embay, Ahmad Basarah. (ms)

COMMENTS

WORDPRESS: 0
DISQUS: 0