HomeDPR RI

Rapat Paripurna Selalu Sepi, Kemana Anggota Wakil Rakyat?

Rapat Paripurna Selalu Sepi, Kemana Anggota Wakil Rakyat?

JAKARTA, SUARADEWAN.com – Rapat paripurna DPR RI periode masa persidangan V tahun sidang 2016-2017, pada Kamis, 8 Juni 2017 terlihat sepi. Sehingga jumlah anggota DPR yang hadir tidak memenuhi qourum. Maka jika ada keputusan yang di ketuk palu oleh pimpinan sidang, bisa dikatakan tidak sah alias ilegal, karena mengacu pada UU MD3.

Berdasarkan data yang diperoleh terkait jumlah Anggota DPR yang hadir, Rapat Paripurna hanya dihadiri 200 anggota, sementara anggota yang izin dengan alasan kunker berjumlah 106. Jadi Anggota legislatif yang tidak hadir (absen) tanpa ada alasan yang tak jelas, berjumlah 249 Anggota.

Wakil Pimpinan DPR, Taufik Kurniawan membantah bahwa rapat paripurna terlihat sepi. Ia juga beralasan, alasan banyak anggota legislator yang tidak hadir, karena Anggota dari fraksi PDIP masih menjalankan serangkaian kegiatan di Blitar.

Baca Juga:  DKPP Minta Presiden Laksanakan Putusan PTUN Terkait Evi Novida

“Enggak lah. Teman-teman PDIP masih ada juga yang melakukan serangkain acara di Blitar. Kemudian juga lanjutnya, masih banyak agenda-agenda yang terkait dengan kegiatan setiap komisi,” kata Taufik di gedung DPR, Senayan, Jakarta, Kamis sore (8/6).

Politisi PAN ini menambahkan, bahwa sebenarnya yang paling penting dalam rapat paripurna kali ini adalah agenda penetapan DKPP, dan KPAI. Dikarenakan menurut rencana informasinya yang masuk ke para wakil rakyat ini, paling lambat awal minggu depan (DKPP dan KPAI) sudah dilantik presiden Joko Widodo.

Baca Juga:  KPAI: 10 Juta Anak Indonesia Dieksploitasi untuk Kampanye Politik

“Jadi itulah segera kita untuk menetapkan keputusan didalam internal DPR. Bamus aja baru selesai tadi jam 10.30 WIB. Jadi kita merespon secepatnya untuk melengkapi proses tahapan konstitusi,” ucapnya.

Berdasarkan pantauan, setiap rapat paripurna selalu terlihat sepi, yang sungguh sangat memprihatinkan para wakil rakyat di Senayan ini. Namun lagi-lagi Taufik menyatakan, setiap rapat paripurna berbarengan dengan kegiatan acara fraksi, jadi hal itu yang membuat rapat selalu terlihat sepi.

“Pas kebetulan ada kegiatan di fraksi. Pada saat ini fraksi PDIP, sebelumnya fraksi golkar di Kalimantan. Terus kemudian ada lagi dari fraksi PPP. Jadi kegiatan fraksi yang bergantian,” tegasnya. (Yudi)

COMMENTS

WORDPRESS: 0
DISQUS: