Religion Forum, Yaqut: Pancasila adalah Ideologi Negara yang Mempersatukan

JAKARTA, SUARADEWAN.COM — Menag Yaqut Coumas hadiri acara Religion Forum (R20) yang diadakan di Bali pada 2-3 November lalu. Dia berkesempatan untuk menyampaikan speech dalam  Forum Internasional tersebut. Sebagai bagian dari pemerintah, dia menyampaikan soal Pancasila.

Seperti dalam unggahan Instagramnya “@gusyaqut” Kamis (03/11), dia menyampaikan, dalam forum tersebut dia menyatakan bahwa Pancasila adalah ideologi negara yang mempersatukan segala perbedaan. Termasuk perbedaan agama dan pemahamannya.

Baca Juga:  Kemenag Pastikan Larangan Umrah Sementara Tak Ganggu Persiapan Haji

“Di Religion 20, side event G20, saya berkesempatan menyampaikan speech tentang Pancasila. Ideologi negara yang mempersatukan segala perbedaan yang menjadi kodrat Bangsa besar bernama Indonesia. Termasuk perbedaan agama dan pemahamannya,” tulis Gus Yaqut (sapaan akrabnya) dalam unggahan Instagramnya.

Yaqut menambahkan, menurutnya, harapan-harapan terbaik umat manusia pada akhirnya hanya bisa dijamin dalam prinsip-prinsip bersama yang universal.

Baca Juga:  Tak Masuk 200 Rekomendasi Mubalig Kemenag, Abdul Somad: Jadwal Saya Sudah Penuh Hingga 2020

“Saya juga mengingatkan kepada saya sendiri dan yang hadir di forum itu, bahwa hal-hal material memang bisa menopang kemajuan, namun harapan-harapan terbaik umat manusia pada akhirnya hanya bisa dijamin dalam prinsip-prinsip bersama yang kokoh serta universal,” pungkasnya dalam postingan instragramnya. (*)

Tinggalkan Balasan

banner 728x90