Ridwan Kamil Sesalkan Sikap Intoleransi dari Korban Gempa

SUARADEWAN.com – Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil menghimbau melalui akun instagramnya @ridwankamil (27/11/2022) agar meniadakan sikap intoleransi terhadap pemberi bantuan beragama lain.

Dalam foto yang Ridwan Kamil unggah, tampak beberapa warga mencopot spanduk yang telah direkatkan pada sisi atas tenda-tenda pengungsi. Spanduk tersebut bertuliskan tim penyumbang yang kebetulan beragama non Islam.

Berikut himbauan yang ditulis Ridwan Kamil:

“SANGAT DISESALKAN dan TIDAK BOLEH TERULANG LAGI,

Pencabutan label identitas pemberi bantuan tenda oleh oknum warga setempat di tenda pengungsian di Cianjur.

1. Bencana ini datang tidak pilih-pilih dan pastinya mendampaki semua orang, semua pihak dan semua golongan di Cianjur tercinta ini.

2. Yang membantu bencana pun datang tidak pilih-pilih, datang dari semua pihak, dari semua golongan, kelompok, apapun keyakinan atau agamanya.

3. Berdirinya Bendera, spanduk, baliho, stiker dari para pemberi bantuan adalah hal yang wajar, karena mungkin itu bagian dari pelaporan pertanggungjawaban kepada para donatur yang menitipkan bantuan kepada mereka.

4. Karenanya Sila ke-2 Pancasila, Kemanusiaan Yang adil dan Beradab harus dijunjung dengan baik dan dipraktekkan dengan bijak. Bantuan kemanusiaan tidak boleh ternodai sedikitpun oleh unsur kebencian golongan.

5. Saya sudah meminta kepolisian khususnya Kapolda Jawa Barat untuk menindaklanjuti hal ini agar tidak terulang lagi di kemudian hari. Hatur Nuhun.

6. Walaupun kita tidak bersaudara dalam keimanan, kita tetaplah bersaudara dalam kebangsaan dan kemanusiaan.”

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

banner 728x90