HomePolitik

Sah! Pemilu Serentak 2019 Diselenggarakan 17 April

Sah! Pemilu Serentak 2019 Diselenggarakan 17 April

JAKARTA, SUARADEWAN.com – Pemilu serentak 2019 yakni penyelenggaraan pemilihan legislatif (Pileg) dan pemilihan presiden (Pileg) disepakati akan dilaksanakan bersamaan pada 17 April 2019.

Kesepakatan ini mengemuka dalam rapat dengar pendapat antara Panitia Khusus (Pansus) Rancangan Undang-undang (RUU) Pemilu bersama Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri), Komisi Pemilihan Umum (KPU), dan Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu), di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Selasa (25/4/17).

“Jadi kami tetapkan April untuk pemilunya. Waktunya sekitar minggu ketiga atau keempat di bulan April, nanti biar KPU yang tentukan,” ujar Ketua Pansus Lukman Edy, Selasa (25/4/17) malam.

Menurut Lukman, penentuan bulan dan tanggal penyelenggaraan pemilu serentak berdasarkan sejumlah pertimbangan praktis.

“Dipilih tanggal 17, karena pertimbangan tidak ada paslon presiden maupun partai yang mendapat nomor urut 17. Kami perkirakan partai yang akan ikut pemilu hanya 15 parpol, dan kalau pilihannya presidensial tresholdnya 0% maka maksimal paslon presiden dan wapres hanya 15 paslon. Walaupun faktual politiknya diperkirakan maksimal hanya 5 paslon,” ujarnya.

Lukman menjelaskan, pemilihan waktu di bulan April mengacu pada pelaksanaan pemilu legislatif 2014 yang berlangsung pada bulan April pula.

“Kalau waktu pelaksanaan pemilunya di bulan Juni, mengikuti waktu pilpres 2014 dipastikan mengganggu pelaksanaan pelantikan DPRD Kab/kota tersebut. Jadi kita pemilu bulan April, maju Maret enggak mungkin, mundur Juni juga enggak mungkin,” sambung Lukman. (DD)

COMMENTS

WORDPRESS: 0
DISQUS: