HomeDaerahPulau Jawa

Satreskrim Polres Situbondo Bekuk Komplotan Pembobol ATM Antarprovinsi

Satreskrim Polres Situbondo Bekuk Komplotan Pembobol ATM Antarprovinsi

JAKARTA, SUARADEWAN.com – Komplotan pembobol Anjungan Tunai Mandiri (ATM) berhasil dibekuk oleh Satuan Reserse Kriminal Polres Situbondo, Jawa Timur.

Kasat Reskrim Polres Situbondo, AKP I Gede Lila Buana Arta mengungkapkan, tiga dari empat pelaku dibekuk beberapa jam setelah melakukan aksi kejahatan di sebuah toko waralaba di Desa Curah Jeru, Kecamatan Panji, pada Kamis (12/4/17) malam, sekitar pukul 19.00 WIB.

“Terungkapnya aksi pelaku pembobolan mesin ATM ini bermula saat mereka beraksi memasang tusuk gigi ke dalam card rider mesin ATM di Indomart,” terang Lila Buana.

Tiga pelaku yang berhasil ditangkap adalah Surahman, Hidayat Saputra dan Marlin. Mereka diketahui warga lampung. Sedangkan satu pelaku lainnya bernama Andik masih dalam pengejaran polisi. Komplotan tersebut adalah pembobol ATM antarprovinsi.

Baca Juga:  Dalam 3 Bulan Polres Situbondo Ungkap 16 Kasus Narkoba

Dalam melakukan aksinya, jelas Lila, para pelaku membagi tugas masing-masing. Satu orang masuk ke dalam toko waralaba untuk membobol mesin ATM sedangkan tiga pelaku lainnya bertugas di luar toko dan di kendaraan.

Aksi pelaku diketahui oleh salah seorang petugas teknis dari Bank Mandiri yang melakukan pengecekan di sejumlah mesin ATM yang ada di Indomart. Petugas yang saat itu curiga, langsung meminta pertolongan kepada warga sekitar.

“Warga sempat berusaha menangkap pelaku namun mereka berhasil melarikan diri ke arah timur menggunakan kendaraannya,” tutarnya.

Baca Juga:  Dalam 3 Bulan Polres Situbondo Ungkap 16 Kasus Narkoba

Para pelaku kemudian melarikan diri, namun tiga jam kemudian polisi berhasil menangkap tiga dari empat pelaku secara terpisah. Tiga ditangkap di terminal bus Situbondo sedangkan satu lainnya ditangkap di Desa Kedunglo, Kecamatan Asembagus.

“Saat melarikan diri mereka menitipkan mobilnya di rumah warga Desa Kedunglo, Kecamatan Asembagus dan selanjutnya dua pelaku meminta diantarkan kepada warga ke jalan raya dan naik bus, sedang dua pelaku lainnya berjalan kaki,” pungkas Lila.

Dari penangkapan tersebut, polisi mengamankan barang bukti mobil dan sejumlah barang bukti lainnya milik para pelaku termasuk tusuk gigi yang ditemukan di mesin ATM. (DD)

COMMENTS

WORDPRESS: 0
DISQUS: