HomeDaerahSulutenggo

Sebanyak 245 Unit RTLH Diusulkan Pemkab Boltim ke Kementerian PUPR

Sebanyak 245 Unit RTLH Diusulkan Pemkab Boltim ke Kementerian PUPRKepala Dinas PUPR Boltim, Harris Sumanta

BOLTIM, SUARADEWAN.com — Pemerintah Kabupaten Bolaang Mongondow Timur.(Boltim) Usulkan 245 Unit Rumah Tinggal Layak Huni (RTLH), Lewat Dana Alokasi Khusus (DAK), Ke Kementerian Pekerjaan Umum Dan Perumahan Rakyat (PUPR).

Kepala Dinas PUPR Boltim Harris Sumanta mengatakan, 245 RTLH ini diusulkan oleh pemerintah Kabupaten Boltim lewat Kementerian PUPR yang akan di angarkan melalui DAK.

“Kita sudah usulkan 245 unit RTLH melalui DAK ke Kementerian PUPR. Usulan itu diutarakan saat harmonisasi DAK bidang perumahan dan pemukiman beberapa waktu lalu,” ungkap Harris Sumanta, Jumat (03/09)

Baca Juga:  Pemdes Moonow Modayag Barat Mulai Salurkan BLT Tahap I TA 2021

Sumanta juga menuturkan, Untuk 245 RTLH ini per unitnya mengunakan anggaran sebesar Rp 21.000.000 ini Nantinya akan di bagi ke seluruh desa yang ada di Boltim, dan akan di sesuaikan dengan Data terpadu kesejahteraan sosial DTKS dari Dinas sosial (Dinsos).

“Lewat dana stimulan, pemerintah daerah harus menyediakan dana pendamping sekitar Rp10 juta per unit, mengingat harga material bangunan semakin mahal. Untuk itu, setiap penerima RTLH wajib ada swadaya,” ujarnya.

Untuk persyaratan nantinya penerima RTLH harus memiliki lahan yang legal untuk kedudukan rumah.

Baca Juga:  Kondisi Bupati Boltim Sudah Membaik: Hasil Rapid Antigen Negatif

“Sebelum pekerjaan, kita akan kroscek di lapangan sesuai DTKS. Sebelum membangun RTLH, kita lakukan verifikasi data dan kepemilikan tanah serta sejumlah poin tertentu,” tambahnya.

Sementara itu, Kepala Bidang (Kabid) Penanganan Fakir Miskin, Dinas Sosial (Dinsos) Boltim, Nikma Mokoagow menyampaikan, penerima bantuan harus berdasarkan DTKS. “DTKS kita sudah serahkan ke PUPR sejak awal tahun 2021. RTLH ini adalah program pamerintah pusat yang diperuntukan bagi masyarakat miskin atau berpenghasilan rendah,” ungkapnya. (DM)

COMMENTS

WORDPRESS: 0
DISQUS: 0