oleh

Sebanyak 9 Pencuri Motor Diringkus Polres Tangsel

TANGSEL, SUARADEWAN.com – Belum genap sepekan jajaran Polres Tangerang Selatan (Tangsel) meringkus 9 pelaku pencurian motor. Bahkan lima orang diantaranya harus dilumpuhkan menggunakan timah panas petugas kepolisian.

Sembilan pelaku tersebut antara lain, Dian ID (26) asal Lampung, SN (27) asal Lampung, J (25) asal Lampung, AP (24) asal Kabupaten Tangerang, N (31) asal Tangsel, N (27) asal Tangsel, D (29) asal Tangsel, S (25) Tangsel, N (27) asal Tangsel.

Mereka diringkus dalam kurun waktu antara tanggal 24 Januari hingga 30 Januari 2018. Jumlah itu, berdasarkan penindakan atas 4 laporan warga yang mengaku sepeda motornya hilang dicuri. Belum lagi ditambah dengan beberapa pelaku lain yang masih dalam pengembangan polisi. Bahkan, lima orang diantaranya harus dilumpuhkan menggunakan timah panas petugas.

Kepada sejumlah awak media, Kapolres Tangsel AKBP Fadli Widiyanto mengatakan, sembilan pelaku ditangkap di lokasi yang berbeda-beda. Mereka mencuri sepeda motor dari parkiran Pasar Modern Serpong, parkiran Indomaret, halaman Masjid di Ciputat, parkiran Ruko di Bintaro Sektor 9, serta beberapa tempat lain di wilayah Tangsel.

Baca Juga:  Jelang Idul Fitri, Polres Tangsel Musnahkan Ribuan Botol Miras dan Petasan Mercon

“Kita melakukan penyelidikan yang mendalam, karena memang masalah Curanmor ini meresahkan masyarakat. Dari 4 laporan polisi ini kita mengamankan 9 tersangka, ada 3 yang masih kita kembangkan, serta barang bukti 9 sepeda motor,” katanya di Mapolres Tangsel, pada Jumat (2/2/2018).

Sebelum beraksi Fadli menambahkan, para pelaku menentukan target sepeda motor curiannya. Pelaku terlebih dahulu berkeliling secara random (acak) dan mengamati mana saja kendaraan yang dengan mudah didapat. Umumnya, target kendaraan tersebut adalah jenis matik serta yang paling minim terproteksi pengamanan ganda oleh pemilik.

“Mereka umumnya mengincar sepeda motor yang ditinggal pemiliknya, seperti tadi yang terjadi di Indomaret, baru ditinggal sebentar langsung dicuri oleh pelaku. Ada juga kendaraan yang tak memiliki pengamanan ganda,” imbuhnya.

Pada kesempatan yang sama, AKBP Fadli menyerahkan beberapa unit sepeda motor itu kepada pemilik yang sah. Sedangkan sisanya, menunggu pengakuan dari para korban pencurian dengan melampirkan bukti surat kepemilikan.

Baca Juga:  Polres Tangsel Ciduk Lima Pelaku Persetubuhan dan Pencabulan Anak di Bawah Umur

“Tadi kami sudah kembalikan 2 sepeda motor kepada pemiliknya (korban), dan untuk yang lain apabila bisa melengkapi surat-surat berupa BPKB atau STNK maka bisa datang ke Polres atau Polsek,” imbuhnya.

AKBP Fadli pun mengimbau kepada masyarakat, agar lebih berhati-hati dan memastikan kendaraan yang terparkir dilengkapi dengan pengamanan ganda. Hal demikian, untuk mempersulit para pelaku dalam menjalankan aksinya.

“Waspada, hati-hati, kemudian menambahkan kunci pengaman di sepeda motornya,” tukas Fadli.

Atas perbuatannya, para pelaku dijerat Pasal 363 KUHP tentang Pencurian dengan Pemberatan. Mereka diancam hukuman kurungan selama 5 tahun penjara. (FN)

Komentar

Berita Lainnya