HomeHankam

Sejumlah Meme Ini Gambarkan Prinsip Kepolisian sebagai Pelayan Rakyat

Sejumlah Meme Ini Gambarkan Prinsip Kepolisian sebagai Pelayan Rakyat

JAKARTA, SUARADEWAN.com – Sejumlah meme yang menampilkan gambar anggota kepolisian beredar viral di dunia maya. Meme-meme tersebut menggambarkan prinsip-prinsip anggota kepolisian dalam bersikap dan bertindak sebagai pelayan rakyat.

Di gambar pertama, prinsip yang ditekankan adalah penghormatan terhadap orang tua. Itu diperlihatkan dalam meme di mana seorang anggota kepolisian tampak sedang menolang ibu tua menyeberangi jalan.

Di gambar selanjutnya, yang ditekankan adalah prinsip partisipatoris, membantu masyarakat tanpa pamrih. Ditunjukkan sejumlah anggota polisi tampak bergotong-royong bersama warga masyarakat. Mereka terlihat tengah asyik membantu masyarakat memperbaiki akses jalan raya.

Prinsip selanjutnya memperlihatkan bagaimana polisi mestinya menolong masyarakat tanpa melihat lokasi dan kondisi. Bahwa di saat kapan dan di manapun, tiap-tiap anggota kepolisian harus siap mengabdi demi melayani masyarakat.

Pada gambar yang keempat, tiga anggota polisi terlihat membantu seorang sopir mobil kanvas yang tengah mogok. Prinsip yang diperlihatkan adalah bahwa tidak semua anggota polisi itu berperilaku buruk. Justru sebagian besar ada yang siap sedia melayani masyarakat sebagai sebuah kewajiban utamanya.

Pun demikian dengan gambar selanjutnya ini. Seorang anggota polisi tampa membantu seorang pedagang kerupuk keliling. Ya, melayani tanpa pandang bulu adalah utama yang memang polisi harus tegakkan.

Di gambar terakhir, seperti pada gambar pertama, lagi-lagi anggota polisi tampak membantu warga menyeberangi jalan raya. Prinsip yang ditunjukkan adalah pengamanan ekstra dari anggota kepolisian bagi warga masyarakat, siapapun dia. (ms)

COMMENTS

WORDPRESS: 0
DISQUS: