HomeInternasionalTimur Tengah

Sejumlah WNI Tinggalkan Suriah, Pejabat Kamp: Mereka Ditipu Teroris ISIS

Sejumlah WNI Tinggalkan Suriah, Pejabat Kamp: Mereka Ditipu Teroris ISIS

SURIAH, SUARADEWAN.com – Kabar tentang banyaknya warga pendatang, termasuk belasan Warga Negara Indonesia (WNI) yang sebelumnya memilih hijrah (pindah) ke Suriah, ternyata berlandasa pada alasan bahwa teroris atau milisi ISIS telah menipu mereka.

Hal tersebut juga diakui oleh Fayruz Khalil, pejabat kamp di Ain Issa yang menjadi salah satu tempat berkumpulnya warga pendatang yang memilih keluar dari wilayah ISIS karena kecewa dengan kenyataan.

“Yang saya tahu, mereka ini ditipu ISIS,” ungkapnya.

Baca Juga:  Anggota DPRD Pasuruan Fraksi PKS Ditangkap Densus 88, Teroris?

Menurut sejumlah warga pendatang, lanjut Fayruz, mereka masuk ke wilayah ISIS karena harapan akan mendapat kehidupan yang layak di bawah kekuasaan Daulah Islamiyah. Sayangnya, harapan mereka tak sesuai dengan fakta yang ada.

“Mereka mendapati gambaran yang disampaikan ISIS ternyat bohonh. Selama 10 bulan terakhir, mereka mencoba pindah, tapi baru bisa berhasil dalam beberapa hari ini,” lanjut Fayruz.

Hal senada juga disampaikan oleh kantor berita Kurdi di Suriah ANHA. Dilaporkan bahwa yang datang ke wilayah ini merasa ketakutan, dan apa yang disaksikan tidak sesuai dengan ajaran Islam yang sebenarnya.

Baca Juga:  Hadapi Terorisme, BNPT Ungkap Strateginya di Forum Internasional

“Mereka datang ke sini demi Islam, namun ketika berada di sini, yang mereka saksikan adalah pemenggalan, penyiksaan, dan perampokan,” ungkapnya.

Sebelumnya, pemerintah Indonesia juga mengungkapkan bahwa ada sekitar 500-600 WNI di Suriah saat ini. Sekitar 500 orang lagi mencoba masuk, tapi dideportasi sebelum tiba di kawasan yang dikuasai ISIS ini. (ms)

COMMENTS

WORDPRESS: 0
DISQUS: