Profil  

Siapa Paus Emeritus Benediktus XVI?

SUARADEWAN.com – Tersiar kabar sedih bagi umat kristianidi seluruh dunia. Kabar itu pasalnya datang dari Vatikan yang mengumumkan meninggalnya Paus Emeritus Benediktus XVI. Siapakah beliau? Mungkin sebagian dari pembaca masih belummengenalnya. Berikut profil singkat Paus Emeritus Benediktus XVI.

Paus Emeritus Benediktus berasal dari Jerman dan memiliki nama lahir Joseph Razinger ini menjalani kehidupan yang tenang di kediamannya, Biara Mater Ecclesiae, yang ada di kompleks Vatikan.

Ia memilih kehidupan damainya setelah secara mengejutkan mengumumkan pengunduran diri pada Februari 2013 lalu dari jabatannya sebagai Paus.

Baca Juga: Paus Fransiskus: Lebih Baik Atheis daripada Munafik

Ia menjadi Paus pertama sejak Abad Pertengahan yang mundur sebagai pemimpin Gereja Katolik sedunia.

Kondisi kesehatannya diketahui telah menurun sejak lama, hingga pada Rabu (28/12) waktu setempat, Vatikan mengungkapkan kondisi Benediktus memburuk. Paus Fransiskus bahkan menyerukan umat Katolik sedunia untuk mendoakan Benediktus.

Juru bicara Vatikan, Matteo Bruni, mengumumkan pada Sabtu (31/12) bahwa Benediktus meninggal dunia di kediamannya pada pukul 09.34 waktu setempat.

Baca Juga: Paus Fransiskus Serukan Semua Umat Berpuasa Sehari di Bulan Ramadan untuk Cegah Covid-19

Meninggalnya Benediktus, di sisi lain, mengakhiri situasi yang belum pernah terjadi sebelumnya di mana dua ‘pria berjubah putih’ — Benediktus dan Fransiskus — hidup berdampingan di kompleks Vatikan.

Sementara tidak ada panduan untuk mantan Paus, pemakaman Benediktus diperkirakan akan digelar di Vatikan dan dipimpin oleh Paus Fransiskus sendiri.

Tahun 2005 lalu, jenazah Yohanes Paulus II — Paus terakhir yang meninggal — disemayamkan sebelum misa pemakaman digelar di Alun-alun St Peter dan dihadiri satu juta orang, termasuk para kepala negara. [***]

Baca Juga: Skandal Seks Gereja Terus Mencuat, Petinggi Vatikan Desak Paus Franciskus Mundur

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

banner 728x90