HomeDaerahMaluku-Papua

Sikap Tegas Ketua Umum Ikatan Keluarga Besar Papua Surabaya (IKBPS), Piter Frans Rumaseb : Membangun Papua adalah Keharusan

Sikap Tegas Ketua Umum Ikatan Keluarga Besar Papua Surabaya (IKBPS), Piter Frans Rumaseb : Membangun Papua adalah Keharusan

SURABAYA, SUARADEWAN.com – Bangsa yang besar adalah bangsa yang selalu menjunjung tinggi nilai dan adat budaya menjadi pilar dan kekuatan utama membangun negara.

Hal tersebut, tak luput dari akar kebangsaan yakni persatuan dan kesatuan bangsa Indonesia untuk membesarkan dan menerapkan ideologi berbangsa dan bernegara.

Atas teks diatas, maka Provinsi Papua yang merupakan salah satu dari Provinsi di Indonesia selalu bersikap dan patuh akan akar bangsa Indonesia untuk terus berkembang dan maju.

Papua adalah emas hitam yang sangat bernilai bagi bangsa Indonesia, di bumi cendrawasih yang tak kalah nilainya dengan bangsa-bangsa lain di dunia ini.

Local wisdown yang terkandung didalam kebangsaan Papua adalah akar yang sama dengan suku-suku bangsa yang di Indonesia.

Oleh karena itu, membangun Papua adalah keharusan, karena di Tanah Papua lah letaknya akar kebangsaan Indonesia.

Sebagai bumi Indonesia, Papua mengandung berbagai nilai dan filosofi akar budaya.

Maka sangat disayangkan sebagai anak bangsa Papua sendiri mencoba memecah keutuhan dan garis kemerdekaan Papua yang sudah lama tertanam untuk bangsa Indonesia.

Dengan ini, kami dari Ikatan Keluarga Besar Papua Surabaya (IKBPS) menyatakan sikap sebagai berikut :

1. Siap menjaga keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia, pancasila dan UUD 45 dari pengaruh kelompok separatisme.
2. Mendukung penuh kebijakan pemerintah terkait DOB Papua untuk pemerataan pembangunan dan peningkatan kesejahteraan masyarakat di Papua
3. Mengajak Pelajar, Mahasiswa dan Masyarakat Papua untuk memberikan dukungan agar proses realisasi pemekaran Provinsi Baru di Bumi Cenderawasih Papua berjalan aman dan damai sebagai solusi kemajuan pembangunan di Tanah Papua.
4. Mendukung keberlanjutan pelaksanaan program otonomi khusus untuk Papua demi kemajuan pembangunan di tanah Papua.
5. Mengecam dan mengutuk keras aksi teror yang dilakukan oleh Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) yang melakukan pembunuhan dan kekerasan di tanah Papua.
6. Mendukung pemerintah, TNI dan Polri dalam menjaga ketertiban dan keamanan di Bumi Cendrawasih Papua.
7. IKBPS menghimbau kepada seluruh masyarakat, mahasiswa Papua agar terus menjaga idealisme berbangsa dan bernegara di bawah UUD, NKRI, dan Pancasila.

Sekian pernyataan sikap dari Ikatan Keluarga Besar Papua Surabaya (IKBPS).

Surabaya, 08 Agustus 2022

Piter Frans Rumaseb (Ketua Ikatan keluarga Besar Papua Surabaya)

COMMENTS

WORDPRESS: 0
DISQUS: 0