HomeHukum dan HAM

Soal Permintaan Rekonsiliasi Rizieq, JK : Bisa tapi Proses Hukum juga tetap Jalan

Soal Permintaan Rekonsiliasi Rizieq, JK : Bisa tapi Proses Hukum juga tetap Jalan

JAKARTA, SUARADEWAN.com – Wakil Presiden Jusuf Kalla (JK) menegaskan bahwa permintaan rekonsiliasi dari Rizieq Shihab tidak akan mempengaruhi proses hukum yang sedang berjalan saat ini.

Rizieq saat ini berstatus tersangka atas kasus pornografi.

Menurut JK, setiap warga negara berhak mengajukan rekonsiliasi sebagai langkah untuk mengakhiri satu persoalan atau masalah. Namun rekonsiliasi tidak bisa serta merta menghapus status hukum yang tengah disandang oleh seseorang.

Baca Juga:  Din Syamsuddin Nilai Pentersangkaan Rizieq Bukanlah Kriminalisasi Ulama

“Tetapi bahwa rekonsiliasi saling itu bisa terjadi walaupun juga hukum tetap berjalan,” sebut JK, di Jakarta, Selasa (4/7/17).

Permintaan rekonsiliasi yang diajukan Rizieq Shihab ke pemerintah, sebut JK saat ini masih dipelajari. JK mengatakan rekonsilliasi bisa saja terealisasi, namun JK menegaskan ada batas pemisah antara rekonsiliasi dengan hukum. JK Menyebut hukum harus tetap berjalan.

Baca Juga:  Benarkah Fadli Zon Siap Mundur dari DPR Jika Rizieq Shihab Dipenjara?

“Ada batas-batas begitu,” tegas JK.

Permintaan rekonsiliasi Rizieq disampaikan beberapa waktu lalu. Rizieq meminta rekonsiliasi dengan memberikan syarat-syarat, yakni menghentikan perkara-perkara yang melibatkan dirinya, ulama dan aktivis.

Pentolan FPI ini pun mengusulkan nama pakar tata negara, Yuszril Ihza Mahendra sebagai mediator yang akan menjembatani rekonsiliasi antara pemerintah dengan pihak Rizieq. (dd)

COMMENTS

WORDPRESS: 0
DISQUS: