Somasi KPU Dilayangkan Karena Ada Daerah yang Diintimidasi

SUARADEWAN.com – Komisioner KPU RI Idham Holik mengatakan bahwa pihaknya tidak melakukan kecurangan dalam tahap verifikasi faktual partai politik calon peserta Pemilu 2024, menanggapi somasi yang dilayangkan pada KPU.

“Pada prinsipnya, kami bekerja sesuai dengan aturan dan apa yang dilakukan oleh KPU,” kata Idham kepada wartawan (13/12/2022).

Sementara itu kuasa hukum dari Themis Indonesia Law Firm dan AMAR Law Firm & Public Interest Law Office mengirimkan somasi yang dilayangkan anggota komisoner dan petugas KPU di daerah yang mengaku diintimidasi oleh pihak-pihak terkait untuk melakukan kecurangan.

“KPU Provinsi kabupaten/kota itu bagian dari KPU anggota kami. Masak kami mengintimidasi, ya enggak ada, lah.” Ketua KPU Hasyim Asy’ari menanggapi pertanyaan terkait somasi KPU saat ditemui di Gedung KPU RI, Jakarta (13/12/2022).

Hasyim Asy’ari sendiri mengaku belum membaca somasi tersebut secara terperinci.

Adapun mengenai pihak yang memberi kuasa hukum kepada Themis Indonesia dirahasiakan. Mengenai tertutupnya sumber pengaduan tersebut, Hakim Asy’ari mengatakan menghormati kerahasiaan tersebut.

“KPU menghormati kalau kuasa hukum itu katakanlah tidak menginformasikan atau tidak membuka informasi siapa yang memberi kuasa. Nanti kami pelajari, kami akan baca suratnya dulu,” ucap Hakim.

“Kemudian akan kami respons dan kami jawab. Katakan lah sekali lagi, KPU menghormati kuasa hukum yang tidak membuka informasi atau data siapa yang memberi kuasa, maka kami jawabnya di tingkat kuasa tersebut,” jelasnya sekali lagi.***

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

banner 728x90