Sri Mulyani Peringatkan Para Banker Tentang Resesi 2023

Sri Mulyani peringatkan para banker mempertahankan kesehatan perekonomian bank terkait resiliensi dan resesi yang masih mengancam di 2023. (Foto: kemenkeu.go.id)

SUARADEWAN.com – Menteri Keuangan Sri Mulyani menghimbau para banker untuk menjaga resiliensi dalam hal perekonomian pada tahun 2023.

Hal itu Sri Mulyani sampaikan dalam CEO Banking Forum pada hari Senin, 9 Januari 2023, di Jakarta.

Kepulihan dan pertumbuhan perekonomian Indonesia harus terus diupayakan bertahan di tengah gempuran resesi dunia yang masih akan terus berlangsung.

Sri Mulyani mengatakan posisinya sebagai penjaga APBN sama pentingnya dengan peran para banker dalam menjaga kesehatan perbankan.

“Naik turun, sehat tidak sehat ekonomi kita, sangat bergantung kepada perbankan hari ini 2023. Jadi kalau saya juga menjaga APBN, tolong jaga bank anda secara baik-baik,” imbau Sri Mulyani.

Sri Mulyani berharap para banker mengingat segala pelajaran yang ada di tahun 2022. Dari tahun tersebut dapat dipelajari mengenai disrupsi kenaikan harga komoditas, inflasi, kenaikan suku bunga, dan naiknya cost of fund sebagai imbas dari situasi tak menguntungkan geopolitik Rusia-Ukraina.

Beliau juga memberitahukan prediksi IMF atas pertumbuhan perekonomian dunia yang akan merosot hingga hanya 2,7%.

Dalam turunnya pertumbuhan ekonomi tersebut, masalah yang harus diperhatikan adalah inflasi, resesi, dan debt sustainability di banyak negara.

“Saya berharap anda bukan orang yang ‘kedandapan’ menghadapi 2023,” Sri Mulyani mengingatkan.

“Jadi saya juga berharap Anda thinking ahead,” lanjutnya.***

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

banner 728x90