Sukses Menjadi Tuan Rumah di G20, Jokowi: Siap Gelar Pesta Olahraga Dunia di IKN

JAKARTA, SUARADEWAN.com – Sukses menjadi tuan rumah dalam acara KTT G20 di Bali, Presiden Joko Widodo penuh optimis menyatakan kesiapan Indonesia untuk menjadi tuan rumah pesta olahraga dunia, Olimpiade 2036.

Hal itu disampaikan melalui pidato dalam video yang diunggah di kanal YouTube Sekretariat Presiden pada Rabu (16/11).

Menurutnya, Olimpiade kelas dunia itu akan diadakan di Ibu Kota Nusantara (IKN).

“Dalam kesempatan ini, saya menyampaikan kesediaan dan kesiapan Indonesia sebagai tuan rumah Olimpiade 2036 nanti di Ibu Kota Nusantara (IKN),” ujar Jokowi.

Baca Juga:  Cegah Meluasnya Covid-19, 3 Pesan Rasulullah Dipajang di Papan Reklame Kota Chicago

Jokowi menyoroti pentingnya peran olahraga, bukan hanya untuk kesehatan tetapi juga persatuan, khususnya di situasi dunia seperti saat ini. Menurut Jokowi, olimpiade juga bisa berdampak pada netralitas politik.

Gelaran Olimpiade dan Paralimpiade penting diadakan, bukan hanya untuk seru-seruan dan ajang kompetisi, namun seperti disampaikan Jokowi dalam pidatonya, Olimpiade bisa untuk menetralisir politik dalam acara olahraga internasional, serta otonomi organisasi olahraga.

Baca Juga:  Masjid al-Nuri sebagai Ikon Mosul Diledakkan Kelompok Teroris ISIS

Disebutkan oleh Jokowi, Paris akan menjadi tuan rumah Olimpiade dan Paralimpiade 2024, kemudian Milano-Cortina untuk 2026, Los Angeles untuk 2028, dan Brisbane untuk 2032. Gangwon juga akan menjadi tuan rumah Youth Olympic Games 2024, diikuti Dakar pada 2026.

Tinggalkan Balasan

banner 728x90