HomeDaerahMaluku-Papua

Tabligh Akbar Ustadz Zacky Mirza di Masjid Agung Waisai Raja Ampat Berjalan Ramai

Tabligh Akbar Ustadz Zacky Mirza di Masjid Agung Waisai Raja Ampat Berjalan Ramai

WAISAI, SUARADEWAN.com — Bertempat di Masjid Agung Waisai, Tabligh Akbar yang dibawakan langsung oleh Ustadz Zacky Mirza pada Rabu malam, 29/09/2021 kemarin mengundang perhatian ratusan Masyarakat Muslim yang berada di kota Waisai.

Tabligh Akbar bertajuk “Menanam Iman, Merajut Ukhuwah dan Membangun Ngeri di Era Pandemi Covid-19” di montori oleh Remaja Masjid Agung Waisai bersama BKMT Waisai dan Mahasiswa KKNT IAIN Sorong 2021 Posko II Waisai.

Acara tersebut di hadiri oleh Ketua MUI Kabupaten Raja Ampat, Kapolres Kab. Raja Ampat, Ketua KKSS Raja Ampat, Ketua BUMD Kab. Raja Ampat, Ketua Basnas Kab. Raja Ampat, dan diramaikan pula oleh ibu-ibu Majelis Talim Raja Ampat beserta sebagian besar masyarakat Muslim Raja Ampat.

Mewakili semua tamu undangan yang hadir, Ketua Majelis Ulama Indonesia (MUI) Kabupaten Raja Amat menuturkan apresiasi terbesar kepada Remaja Masjid Agung Waisai, BKMT Waisai beserta Mahasiswa KKNT IAIN Sorong 2021 Posko II Waisai yang telah berhasil menyelenggarakan Tabligh Akbar dengan sukses.

Dirinya juga terharu melihat ramainya umat Islam yang hadir membanjiri halaman Masjid untuk mendengarkan tausiah/ceramah pada malam acara tersebut.

“Suatu tanda kebesaran Allah SWT, masjid yang berukuran paling besar di Raja Ampat penuh dengan umat islam yang hadir disini,” ucapnya.

Baca Juga:  Usia 40 tahun Hendaknya Dijadikan Sebagai Pemberhentian Maksiat

“Padahal cuaca pada malam itu sedang di guyur hujan dengan cukup deras, Ini merupakan satu tanda bahwa Allah SWT masih menunjukan kebesarannya di Raja Ampat dengan menghadirkan umat muslim dan meridhoi kehadiran Ustadz Zacky Mirza di Masjid Agung Waisai,” Tutur Ketua MUI sembari menutup sambutannya.

Mengawali tausiahnya, Ustadz Zacky Mirza menuturkan ucapan yang sama, dirinya terharu melihat antusias masyarakat muslim Raja Ampat yang begitu bersemangat.

Mengingat itu merupakan kunjungan perdanannya di Raja Ampat, Usdtadz Zacky Mirza mengawalai tausiahnya dengan senyuman khas miliknya dan sapaan hangat kepada kaum muslimin yang hadir.

Dalam uraiannya, Ustadz Zacky Mirza menjelaskan bahwa virus corona ini adalah salah satu bentuk peringatan dari Tuhan dan Itu bukan azab, tapi musibah,” urainya. “Perbedaan azab dengan musibah yaitu azab hanya menimpah orang kafir dan tidak menimpah orang mukmin. Sementara musibah menimpa keduanya, yaitu orang kafir dan orang mukmin,”. Menurutnya, Rasulullah Saw telah mendoakan umatnya agar tidak tertimpa musibah seperti umat terdahulu. “Jadi umat Islam patut bersyukur karena tidak ada lagi azab yang akan menimpanya atas doa Rasulullah Saw yang diakbulkan Allah Swt.” Tukasnya.

Melanjutkan argumennya, Ustad Zacky menerangkan “Corona bukan azab tapi musibah, musibah adalah pemberi peringatan, ujian, bukan menyiksa. Beriman atau tidak tetap akan mendapatkan musibah. Kegagalan silaturahim akan menyebabkan musibah. Itulah pentingnya berdamai dengan alam. Macrocosmos (alam) harusnya tunduk pada microcosmos (manusia), namun karena perilaku manusia sehingga terjadi musibah. Kita sering ukhuwah Islamiyah, ukhuwah wathaniyah, tapi kita lupa ukhuwah makhluqiyah.”

Baca Juga:  dr. Tirta; Perjalanan Spiritual dari Ateis hingga Muslim

Ustadz Zacky pun mengenalkan ukhuwah makhlukiyah kepada hadirin yang hadir. “Ukhuwah makhlukiyah ini adalah persaudaraan antar sesama makhluk. Jalinan komunikasi perlu dibangun antar sesama makhluk. Ekosistem yang terpelihara akan melanggengkan kesejahteraan bagi manusia sendiri,” paparnya. Dia pun, mengetengahkan berbagai pandangan al- Quran dalam membangun hubungan antar sesama mahluk atau alam semesta ini.

Selain itu Ustadz lulusan Universitas Al-Azhar Khairo Mesir ini juga dalam pesan terakhirnya mengintatkan semangat ukhuwah Islamiyah, umat Islam Indonesia di tengah pandemi ini tidak hanya menjaga persaudaraan dengan sesama muslim saja, tetapi bertanggung jawab menjaga persatuan dan kebhinekaan Indonesia,”

“Mengingat semangat persatuan itu jauh lebih penting dibandingkan dengan kepentingan yang ingin memecah belah, untuk itu mari kita kedepankan persatuan dan kesatuan demi Republik kita tercinta ini.” Tutupnya pada Tabligh Akbar tersebut. (Reporter (Iwan).

COMMENTS

WORDPRESS: 0
DISQUS: 0