HomeInternasionalAsia-Afrika-Pasifik

Taliban Hanya Akan Izinkan Perempuan Afghanistan Bersekolah dengan Syarat Ini

Taliban Hanya Akan Izinkan Perempuan Afghanistan Bersekolah dengan Syarat Ini

SUARADEWAN.com — Menteri Pendidikan Taliban, Abdul Baqi Haqqani, mengatakan bahwa di bawah naungan kelompoknya, wanita akan diizinkan untuk menempuh pendidikan, khususnya kuliah.

Haqqani menambahkan bahwa kelas campuran gender akan dilarang. Artinya, mereka (para wanita) tidak dibenarkan berbagi kelas dengan kelompok pria.

“Orang-orang Afghanistan akan melanjutkan pendidikan tinggi mereka berdasarkan hukum Syariah dengan aman tanpa berada dalam lingkungan campuran laki-laki dan perempuan,” katanya, Minggu (29/8).

Baca Juga:  Kuasai Afghanistan, Taliban Berjanji Akan Lebih Moderat Dalam Pemerintahannya

Dia menambahkan bahwa kelompoknya sedang mencari cara untuk menciptakan kurikulum yang masuk akal dan Islami, yang sejalan dengan nilai-nilai Islam, nasional dan sejarah, dan di sisi lain, mampu bersaing dengan negara lain.

Saat Taliban berkuasa dari 1996 hingga 2001 lalu, mereka melarang perempuan, baik dewasa dan anak-anak, bekerja dan sekolah.

Baca Juga:  Diplomat Rusia: Presiden Afghanistan Kabur Dengan Mobil Penuh Uang Tunai

Namun, kini mereka berjanji bahwa ke depan, mereka akan menghormati hak-hak perempuan menurut hukum Islam.

Di samping itu, Taliban juga berjanji tak akan membalas dendam kepada penduduk Afghanistan yang dulunya pernah bekerja dengan militer AS maupun Inggris. (Ria)

COMMENTS

WORDPRESS: 0
DISQUS: 0