HomeDaerahJabodetabek

Tasyakuran Peresmian Rusun Kampung Aquarium Sohib Indonesia Gelar Nobar Virtual Wayang

Tasyakuran Peresmian Rusun Kampung Aquarium Sohib Indonesia Gelar Nobar Virtual Wayang

JAKARTA, SUARADEWAN.com — Organisasi Relawan DPP Sohib Indonesia bersama Koperasi Kampung Aquarium, Persatuan Perdalangan Indonesia dan Komunitas Pelestarian Seni Budaya Nusantara menggelar kegiatan nonton bareng virtual wayang dalam rangka tasyakuran peresmian Kampung Susun Aquarium di Jakarta Utara.

Kegiatan yang bertajuk ‘bedah ing bungkus’ dengan dalang Ki Kondho Srinanjaya (Sun gondrong) tersebut digelar di halaman depan rumah susun kampung aquarium, Jakut (29/8).

Seluruh Warga yang hadir menyambut acara tasyakuran tersebut dengan antusias dan memberikan apresiasi tinggi khususnya kepada Bapak Gubernur Anies Baswedan yang telah memberikan kepastian serta kelayakan tempat hidup untuk seluruh warga kampung aquarium yang telah meresmikan kampung aquarium tepat pada perayaan Hari Kemerdekaan Republik Indonesia ke-76 lalu.

Tercatat lebih dari 100 orang warga kampung susun aquarium yang hadir tentunya disertai kelengkapan prokes yang disiapkan oleh panitia.

Siti Mafruroh Ketua Umum DPP Sohib Indonesia menjelaskan acara kegiatan diawali dengan pemotongan tumpeng oleh Ketua Koperasi Kampung Susun Aquarium Ibu Dharma Diani yang diberikan langsung kepada Chozin Amirullah yang dalam hal ini hadir sebagai Perwakilan Khusus dari Bapak Gubernur Anies Baswedan.

Baca Juga:  Milad 3 Tahun, Sohib Indonesia Gelar Seminar Transportasi Berkelanjutan Jakarta

“Alhamdulillah, acara Tasyakuran berlangsung dengan sangat hikmat dan tertib sampai dimulainya nonton wayang virtual”, ujar Siti Mafruroh kepada media (29/8).

Andi Kadir Anwar yang hadir memberikan sambutan sebagai Ketua Sohib Indonesia menyatakan dalam sambutannya, bahwa melestarikan budaya nonton wayang adalah kewajiban kita Bersama.

“Sebagai generasi muda, kita tahu bahwa seni wayang Indonesia merupakan kesenian asli Indonesia yang diakui oleh UNESCO yang merupakan organisasi Pendidikan, keilmuan, dan kebudayaan PBB. Wayang dengan berbagai tokoh dan perannya mampu menerjemahkan realitas problematika kehidupan sosial warga saat ini,” kata dia.

Sementara itu Gubernur Anies Baswedan dalam sambutannya, menyampaikan selamat menyaksikan pagelaran wayang virtual dalam rangka peresmian kampung susun aquarium yang bertepatan dengan bulan kemerdekaan Republik Indonesia yang ke-76.

“Kepada keluarga besar rumah susun kampung aquarium yang saat ini sedang menonton pagelaran wayang virtual bareng, Selamat menempati rumah baru, dan mari kita sama-sama menjaga dengan baik, tetap rukun dan tetap Bersatu menjaga lingkungan dengan baik. Sebagai rasa syukur terhadap peresmian rumah susun kampung aquarium kita menggelar wayangan virtual dengan tema “Bedah Ing Bungkus” atau sang bimo seno yang dimainkan dalang kondang dari Tulung agung yaitu Ki Sun Gondrong,” ujar Anies Baswedan secara virtual.

Baca Juga:  Sohib Indonesia Gagas Program Bantuan Pembangunan Musholla di DKI Jakarta

Anies Baswedan melanjutkan bahwa Cerita ini menjelaskan bagaimana sang bima yang selama 12 tahun terkurung oleh ari-arinya yang tidak bisa pecah. Namun disisi lain, selama di dalam bungkus tersebut sang bima mendapatkan bimbingan spiritual dari dewa bayu sehingga bungkusnya mampu dibedah oleh gajah seno. Semoga acara ini membawa keberkahan dan hikmah bagi kita semua.

Di akhir acara, Ketua Umum DPP Sohib Indonesia Siti Mafruroh, beserta jajaran Pengurus yang hadir turut menyampaikan selamat kepada warga kampung susun aquarium atas peresmian tempat tinggal yang baru. Menjadi kebahagiaan tersendiri bagi Sohib Indonesia sebagai organisasi, sukses dalam menyelenggarakan acara nonton bareng wayang virtual sekaligus tasyakuran peresmian kampung susun aquarium. (red/and)

COMMENTS

WORDPRESS: 0
DISQUS: 0