Teknologi Mutakhir Penyelenggaraan Piala Dunia Qatar 2022

SUARADEWAN.com – Qatar dan FIFA berkomitmen menghadirkan teknologi mutakhir dalam ajang Piala Dunia Qatar 2022. Hal tersebut dapat dilihat dari penggunaan teknologi pada setiap stadion tempat Piala Dunia Qatar 2022 diselenggarakan.

Penggunaan teknologi mutakhir pada Piala Dunia Qatar 2022 di setiap tempat pagelarannya dimaksudkan untuk dapat meningkatkan pengalaman menikmati sepak bola, baik untuk para penggemar ataupun pemain.

Ada setidaknya 5 inovasi teknologi mutakhir yang digunakan dalam penyelenggaraan Piala Dunia Qatar 2022. Salah satunya yakni teknologi semi-automated offside.

Dalam teknologi semi-automated offside, terdapat 12 kamera pelacak khusus yang dipasang di bawah atap stadion untuk melacak bola. Alat ini mampu melacak bola hingga 29 titik data dari masing-masing pemain.

Kecepatan deteksi teknologi semi-automated offside ini adalah 50 kali per detik, sehingga dapat menghitung posisi pasti para pemain saat bertanding. Pelacakan data ini didukung dengan artificial intelligence (AI).

Elemen penting dalam teknologi deteksi tersebut menggunakan sensor khusus yang ditanam dalam bola yang digunakan dalam Piala Dunia Qatar 2022, yakni “Al Rihla”. Al Rihla diproduksi oleh Adidas.

Empat teknologi mutakhir lainnya, yaitu video assistant referee, FIFA player app, teknologi goal line, dan football data ecosystem.

Respon (1)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

banner 728x90