HomeInternasionalTimur Tengah

Temuan Markas Rahasia di Gurun Karbala Bikin Geger Dunia

Temuan Markas Rahasia di Gurun Karbala Bikin Geger Dunia

SUARADEWAN.com — Baru-baru ini para pangamat dan analis militer dunia dikejutkan dengan penemuan sebuah kompleks bangunan yang diduga kuat sebagai markas dari kelompok milisi bersenjata.

Markas rahasia itu membuat geger dunia, sebab ditemukan di tengah sebuah gurun pasir di sebuah wilayah paling bersejarah bagi Umat Islam khususnya Muslim Syiah.

Bangunan markas rahasia ditemukan di gurun pasir Karbala, sebuah wilayah yang berjarak 100 kilometer barat daya Kota Baghdad, Irak.

Berdasarkan informasi seperti yang dilansir VIVA Militer, Rabu 11 Agustus 2021, markas rahasia itu secara tak sengaja ditemukan dalam rekaman intelijen yang didapatkan Airbus Defence and Space (Airbus DS).

Baca Juga:  Tujuh Ribu Kandidat Berebut 329 Kursi Parlemen di Pemilu Irak Pertama Sejak Kekalahan ISIS

Markas rahasia itu ditemukan pada titik koordinat N 44.090152° E 32.730841. Disebutkan markas rahasia itu diduga dibangun beberapa tahun lalu, hanya saja baru dioperasikan dalam beberapa bulan terakhir ini.

Kompleks itu diduga kuat merupakan lokasi pelatihan teroris, terutama untuk menerbangkan dan mengoperasikan pesawat tanpa awak alias UAV. Karena ditemukan landasan UAV. Hizbullah diduga merupakan pihak yang mengoperasikan markas rahasia tersebut.

Untuk diketahui, gurun Karbala merupakan salah satu tempat paling bersejarah bagi Umat Islam. Sebab di daerah inilah cucu Nabi Muhammad SAW, yaitu Husain bin Ali bin Abu Thalib RA syahid terbunuh dalam tragedi Karbala yang terjadi pada 10 Muharram 61 H atau sekitar 10 Oktober 680 M.

Baca Juga:  Koalisi Gerakan Islam Syiah Sadrist dan Partai Komunis memenangkan Pemilu Irak

Ketika itu putra dari Fatimah az-Zahra binti Muhammad SAW dan keluarga besar serta saudara dan teman diserang oleh ribuan pasukan militer Yazid bin Muawiyah yang dipimpin komandan perang Umar bin Sa’ad. (viM)

COMMENTS

WORDPRESS: 0
DISQUS: