HomeSosial Budaya

Besok, Kemenag Adakan Sidang Itsbat Tentukan Awal Ramadhan

Besok, Kemenag Adakan Sidang Itsbat Tentukan Awal Ramadhan

JAKARTA, SUARADEWAN.com – Marhaban ya ramadhan, selamat datang bulan suci  Ramadhan. Bulan yang dinanti-nantikan oleh umat Islam akan datang. Guna menentukan dimulainya awal bulan Ramadlan 1436H/2015M, Kementerian Agama (Kemenag) akan menggelar sidang penentuan (itsbat), di Gedung Kementerian Agama Jakarta, Selasa (16/6) besok.

Dalam sidang Itsbat tersebut Kementerian Agama juga mengundang para ulama, tokoh ormas, serta pakar astronomi untuk ikut serta.

“Dalam sidang isbat itu, akan ditentukan apakah hilal bisa dilihat atau tidak. Jika terlihat, Ramadlan akan jatuh pada Rabu (17/6). Jika hilal tidak terlihat, bulan Sya’ban akan dilakukan istikmal (genapkan) menjadi 30 hari dan Ramadhan jatuh pada Kamis (18/6),” papar Lukman.

Sementara itu Dirjen Bimas Islam Machasin mengemukakan, sidang itsbat penentuan 1 Ramadlan akan dilaksanakan pada Selasa (16/6) pukul 16.00 WIB,  diawali dengan pemaparan dari Badan Hisab dan Rukyat Kementerian Agama tentang posisi hilal menjelang awal Ramadlan 1436H. Adapun proses sidang itsbatnya, dijadwalkan berlangsung selepas salat Magrib setelah adanya laporan hasil rukyatul hilal dari lokasi pemantauan di seluruh Indonesia.

“Sidangnya tertutup. Hasilnya disampaikan secara terbuka,”  terang Machasin

(sumber: Humas kemenag)

COMMENTS

WORDPRESS: 0
DISQUS: 0