HomeHukum dan HAM

Terdakwa Jonru Ginting Divonis 1,5 Tahun Penjara

Terdakwa Jonru Ginting Divonis 1,5 Tahun Penjara

JAKARTA, SUARADEWAN.com –  Terdakwa Jonru Ginting divonis 1,5 tahun penjara oleh Majelis Hakim PN Jakarta Timur. Jonru dinilai secara sah dan meyakinkan menyebarkan ujaran kebencian di media sosial.

“Menyatakan terdakwa Jonru Ginting terbukti secara sah dan meyakinkan bersalah melakukan beberapa perbuatan dengan sengaja dan tanpa sengaja menyebarkan informasi yang ditujukan untuk rasa kebencian atau permusuhan individu dan atau kelompok masyarakat tertentu berdasarkan atas suku, ras dan antar golongan (SARA).”

“Memutuskan menghukum terdakwa Jonru Ginting dengan pidana 1 tahun dan enam bulan penjara,” kata Hakim Ketua Antonio Simbolon saat membacakan putusan di PN Jakarta Timur, Jumat, (2/3).

Jonru juga diharuskan membayar denda sebesar Rp50 juta. Bila tidak mampu membayar diganti hukuman penjara 3 bulan. Sebelumnya, Jonru dilaporkan oleh Muannas Alaidid terkait dugaan menulis ujaran kebencian di Facebook yang dinilai mengandung pelanggaran unsur SARA.

Jonru didakwa Pasal 28 ayat 2 juncto 45A ayat 2 Undang-Undang Nomor 19 Tahun 2016 yang diperbarui menjadi Undang-Undang Nomor 11 Tahun 2008 tentang Informasi dan Transaksi Elektronik. Jonru juga didakwa dengan Pasal 4 huruf b angka 1 juncto Pasal 16 Undang-Undang Nomor 40 Tahun 2008 tentang Diskriminasi Ras dan Etnis juncto Pasal 64 ayat 1 KUHP. (af)

Comment