HomeNasionalEkonomi

Terima Bantuan Medis dari China, LBP: Tak Ada Negara Bisa Lawan Pandemi Sendirian

Terima Bantuan Medis dari China, LBP: Tak Ada Negara Bisa Lawan Pandemi SendirianMenko Marves Luhut B. Pandjaitan memberikan sambutan pada acara serah terima donasi bantuan medis untuk penanganan COVID-19 dari pemerintah Tiongkok. Foto: Humas Kemenko Marves

JAKARTA, SUARADEWAN.com — Menko Marves, Luhut B. Pandjaitan menegaskan bahwa tak ada satu negara pun di dunia, termasuk Indonesia yang dapat menangani berbagai permasalahan yang diakibatkan pandemi COVID-19.

Menurut dia, dibutuhkan kerja sama dan kolaborasi antarnegara untuk dapat menyelesaikan permasalahan dalam masa pandemi ini mulai dari isu kesehatan hingga ekonomi.

Hal itu disampaikan Luhut dalam acara penerimaan donasi bantuan medis untuk penanganan COVID-19 dari Pemerintah China di Kantor Kemenko Marves pada Selasa (10/8) kemarin.

“Tidak ada satu negara pun di dunia yang bisa melawan pandemi ini sendirian,” ujar Luhut dalam keterangan tertulisnya, Rabu (11/8).

“Kita harus menjalin kebersamaan, solidaritas, serta persahabatan antarnegara untuk dapat melawan wabah ini ke depan,” sambungnya.

Dalam penerimaan bantuan tersebut, kepada pemerintah China yang diwakili oleh Dubes RRT untuk Indonesia Xiao Qian serta perwakilan dari Huawei, Luhut menyampaikan rasa terima kasihnya.

Baca Juga:  Tiongkok Klaim TKA yang Bekerja di Indonesia adalah Tenaga Profesional

Ia mewakili pemerintah Indonesia mengapresiasi bantuan kemanusiaan yang diberikan oleh pemerintah China kepada Indonesia.

“Mewakili pemerintah Indonesia, saya ingin menyampaikan rasa terima kasih saya kepada pemerintah RRT, Huawei, dan China Eastern Airlines, atas bentuk kerja sama serta kooperasi yang diberikan kepada pemerintah Indonesia dan masyarakatnya,” ungkap Luhut.

Diketahui, Pemerintah Indonesia menerima donasi dalam bentuk alat kesehatan seperti ventilator, oxygen concentrator, oxygen nasal cannulas, dan oxygen face mask, yang menjadi alat penting untuk menekan laju penularan virus COVID-19 varian Delta yang kian menular di Indonesia saat ini.

Apresiasi serupa turut disampaikan Menkes Budi Gunadi Sadikin. Budi yang hadir dalam acara itu menyatakan bahwa bantuan berupa alat kesehatan ini jelas akan sangat membantu upaya penanganan pandemi yang kini terus digencarkan pemerintah Indonesia.

“Saya juga mengapresiasi apa yang Pemerintah RRT berikan bagi kami, dan apa yang diberikan kepada Indonesia bukan hanya membantu kehidupan masyarakat Indonesia, tetapi juga sebagai bentuk kemanusiaan dari Pemerintah RRT untuk Pemerintah Indonesia,” beber Budi.

Baca Juga:  Soal Korut, China Tantang Menlu AS

Menanggapi pernyataan Luhut dan Budi, Dubes Xiao Qian mengatakan bahwa situasi pandemi COVID-19 di Indonesia turut menjadi perhatian Pemerintah China. Karenanya, ia memastikan China akan terus membantu upaya penanganan pandemi yang kini juga terus dilakukan Indonesia.

Agar dapat segera dimanfaatkan, Dubes Xiao Qian mengatakan bahwa pada tanggal 9 Agustus 2021 sebagian barang donasi dari Pemerintah China telah dikirimkan. Semntara sisanya diperkirakan akan tiba pada hari Jumat mendatang.

“Pemerintah RRT dan Indonesia merupakan teman, tetangga, dan juga rekanan yang baik. Dalam menghadapi pandemi, dukungan ini merupakan bukti persahabatan serta solidaritas dari RRT kepada Indonesia,” tutur Dubes Xiao Qian. (kump)

COMMENTS

WORDPRESS: 0
DISQUS: 0