HomeKorupsi

Terkait Anggaran Dana Optimalisasi, KPK Panggil Tiga Mantan Wakil Ketua Komisi IX DPR

Terkait Anggaran Dana Optimalisasi, KPK Panggil Tiga Mantan Wakil Ketua Komisi IX DPR

JAKARTA, SUARADEWAN.com – Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) diketahui akan menjadwalkan pemeriksaan terhadap tiga mantan wakil ketua komisi IX DPR periode 2009-2014. Ketiganya adalah Soepriyatno, Irgan Chairul Mahfiz dan Nova Riyanti.

Mereka akan diperiksa sebagai saksi dalam kasus dugaan korupsi pembahasan anggaran untuk dana optimalisasi di Direktorat Jenderal Pembinaan Pembangunan Kawasan Transmigrasi (Ditjen P2KTrans).

“Mereka bertiga akan diperiksa sebagai saksi untuk tersangka CJM (Charles Jones Mesang),” ujar Febri Diansyah Juru Bicara KPK, Selasa (21/2).

Baca Juga:  Berkas Korupsi Transmigrasi Rampung, Anggota DPR Fraksi Golkar Segera Disidang

Saat ini, Irgan yang merupakan politisi PPP dan masih berada di Komisi IX DPR, namun hanya sebagai anggota. Sementara itu, Soepriyatno, politisi Partai Gerindra kini duduk di Komisi XI DPR. Sementara itu Nova alias Noriyu merupakan istri Soepriyatno.

Diketahui, Charles Jones Mesang yang duduk di Komisi II DPR telah berstatus tersangka. Ia diduga menerima hadiah terkait pembahasan anggaran untuk dana optimalisasi Ditjen P2KTrans pada Kementerian Tenaga Kerja dan Tramigrasi pada tahun 2014.

Saat kasus itu bergulir, Charles berada di Komisi IX DPR sekaligus Badan Anggaran pada periode 2009-2014. Charles diduga menerima sebesar Rp 9,75 miliar atau 6,5 persen dari total anggaran optimalisasi dari mantan Dirjen P2KTrans Kemenakertrans, Jamaluddien Malik.

Baca Juga:  Berkas Korupsi Transmigrasi Rampung, Anggota DPR Fraksi Golkar Segera Disidang

Politikus Golkar tersebut dijerat Pasal 12 huruf a atau Pasal 12 huruf b atau Pasal 11 Undang-Undang Nomor 31 Tahun 1999 sebagamana diubah Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2001 tentang Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi juncto Pasal 55 ayat (1) ke-1 KUHP. (ET)

COMMENTS

WORDPRESS: 0
DISQUS: 0