HomeHukum dan HAM

Tidak Ada Kriminalisasi Ulama, Semua Orang Sama Dihadapan Hukum

Tidak Ada Kriminalisasi Ulama, Semua Orang Sama Dihadapan Hukum

JAKARTA, SUARADEWAN.com – Terkait dengan proses hukum sejumlah tokoh ormas keagamaan di Indonesia, yang salah satunya adalah Imam Besar Front Pembela Islam (FPI), Rizieq Shihab, Kapolri Jenderal Pol Tito Karnavian dituduh sudah melakukan kriminalisasi ulama oleh pihak tertentu.

Menurut mereka Polri berlaku tidak adil dalam penanganan kasus yang melibatkan tokoh-tokoh ormas Islam. Sementara ketika kasus itu terkait dengan tokoh lain seperti Gubernur DKI Jakarta non-aktif Basukti Tjahaja Purnama alias Ahok, maka prosesnya lebih cepat diselesaikan.

Namun tuduhan tersebut tegas dibantah oleh Kapolri Tito. Menurutnya semua perbuatan yang ada aturannya dalam undang-undang, maka penanganannya adalah murni penegakan hukum, bukan kriminalisasi.

Baca Juga:  Pengamat Politik: Maklumat Kapolri Sudah Tepat

Tito menjelaskan bahwa semua masyarakat berposisi sama dihadapan hukum dan tidak ada yang diistimewakan, baik yang bersangkutan itu tokoh masyarakat, tokoh ormas keagamaan, maupun anggota Polri.

“Kalau ada perbuatan dan diatur di undang-undang itu bukan kriminalisasi tapi penegakan hukum. Bukan hanya ulama, polisi juga bisa diproses,” kata Kapolri Tito.

Terkait penanganan sejumlah kasus Imam Besar FPI, Rizieq Shihab, Polisi saat ini masih memprosesnya dalam penyidikan dan tidak ada kasus yang dihentikan.

Kapolri mengakui bahwa tidak semua kasus bisa ditangani secepat Polisi menangani kasus Ahok, namun itu bukan berarti polisi sengaja membeda-bedakan kasus.

“Kadangkala kasus itu kompleks, tapi karena tersedia semuanya, mulai dari barang bukti, saksi-saksi, maka mudah untuk dikompilasi. Dan sebaliknya, ada kasus yang sepele tapi untuk mengkompilasi elemen yang ada itu sulit maka agak panjang prosesnya. Itu relatif saja dan biasa dalam sebuah proses penyidikan,” jelas Tito.

Baca Juga:  Komnas HAM Siap Temui Rizieq Shihab di Mekkah

Tito mengimbau pada masyarakat untuk tidak perlu khawatir mengenai dampak yang mungkin muncul akibat penanganan kasus Imam Besar FPI ini. Ia menjamin hukum pasti akan ditegakkan.

“Hukum pasti ditegakkan, Semua warga tidak perlu khawatir. Seandainya Habib Rizieq ditahan dan FPI tak terima, Saya yang akan di barisan depan melawan mereka,” tegas Tito. (za/in/pu)

COMMENTS

WORDPRESS: 0
DISQUS: 0