Tim Pengabdian Masyarakat UI Edukasi Petani Madu di Sigi Sulawesi Tengah

Tim Pengabdian Masyarakat Universitas Indonesia

PALU, SUARADEWAN.com – Tim Pengabdian Masyarakat Universitas Indonesia (UI) melakukan program edukasi kepada masyarakat melalui kegiatan peningkatan kapasitas dan pengetahuan Petani Lebah pada hari Selasa, 12 Juli 2022.

Kegiatan Pengabdian kepada Masyarakat (Pengmas) ini dilaksanakan di Desa Bakubakulu yang berada di Kecamatan Palolo, Kabupaten Sigi Provinsi Sulawesi Tengah.

Desa Bakubakulu dipilih karena memiliki ciri khas peternakan lebah madu lokal yang juga menjadi salah satu wisata edukasi bagi masyarakat setempat. Penduduk Desa Bakubakulu telah mengenal manfaat produk lebah madu secara turun temurun.

Beberapa warga masyarakat memiliki keahlian untuk berburu/memanen madu dari koloni lebah liar bahkan telah mampu pula untuk membudidayakan lebah madu tersebut secara tradisional dalam glodog.

Kegiatan peningkatan kapasitas petani yang melibatkan warga ini bertujuan untuk meningkatan produktifitas masyarakat yang berprofesi sebagai petani madu sehingga nantinya bisa meningkatkan kesejahteraanya.

Dalam kegiatan tersebut, pemeritah desa memberikan apresiasi kepada Tim Pengabdian Masyarakat UI. Begitu pula masyarakat merasa senang dan terbantu dengan adanya kegiatan peningkatan kapasitas Petani Madu ini.

Inilah salah satu komitmen sivitas akademika UI dalam memberikan edukasi untuk pembangunan berkelanjutan masyarakat Indonesia. (***)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

banner 728x90