HomeEkonomi

Tindak Tegas Penimbun Pangan, Mendag: Kami Tidak Main-Main. Polisi Sangat Lengkap Data dan Pemantauannya

Tindak Tegas Penimbun Pangan, Mendag: Kami Tidak Main-Main. Polisi Sangat Lengkap Data dan Pemantauannya

JAKARTA, SUARADEWAN.com – Menteri Perdagangan (Mendag) Enggartiasto Lukita langsung mencabut Surat Izin Usaha Perdagangan (SIUP) PT Tunas Perkasa Indonesia saat ketahuan menimbun bawang putih impor seludupan sebanyak 182 ton di gudang Marunda.

Dalam penggerebekan Rabu (17/5) lalu itu, petugas mengamankan tiga orang tersangka yang berasal dari PT Tunas Perkasa Indonesia (TPI).

Padahal, Mendag sejak awal sudah meminta agar pengusaha dan importir bawang putih mengeluarkan stoknya ke pasar guna menurunkan harga bawang putih yang sempat melonjak di pasar.

Baca Juga:  Ribuan Ton Gula Berbahaya Disita Polisi Dalam Penggerebekan Di Makassar

“Jadi mereka tidak memenuhi imbauan kami untuk mengeluarkan itu (bawang putih) dari gudang. Mereka yang tidak keluarkan kami anggap penimbunan dan sekarang kami buktikan,” tutur Mendag beberapa waktu lalu.

Menurutnya, pemerintah saat ini tidak akan mentolerir setiap tindak kecurangan yang dilakukan pihak tertetntu untuk mengumpulkan keuntungan pribadi dengan merusak pasar dan menyusahkan masyarakat.

Baca Juga:  Satgas Pangan Bongkar Perusahaan Pengoplosan Seribuan Ton Beras

“Jadi kami tidak main-main. Polisi sangat lengkap data dan pemantauannya,” tegas Mendag.

Sebagaimana diketahui, sebelumnya pemerintah bersama pihak terkait sepakat untuk membentuk Satuan Tugas (Satgas) Pangan guna mengantisipasi kecurangan yang mungkin dilakukan oleh pelaku usaha yang bisa mengganggu stabilitas harga menjelang bulan suci Ramadhan.

Satgas Pangan yang dibentuk itu merupakan hasil kerjasama dari Kementerian Perdagangan, Kementerian Pertanian, Kepolisian, beserta Komisi Pengawas Persaingan Usaha (KPPU). (za/tr)

COMMENTS

WORDPRESS: 0
DISQUS: