Tips Mencuci Bantal Bersih Tuntas!

Suaradewan.com – Andapasti tahu, bahwa bantal adalah benda penting yang bisa menentukan tidur anda nyaman dan nyenyak. Tapi tahukah, bahwa  saat tidur setiap hari bantal kita semakin kotor sebab keringat, minyak wajah atau rambut, hingga sel kulit mati mungkin akan menjadi bakteri dan terus menempel dan meresap pada bantal?

Oleh karenaya, Bbantal harus rutin dicuci, setidaknya setiap 6 bulan sekali. Ada yang sudah tahu bagaimana caranya mencuci bantal agar lebih bersis tuntas? Berikut tipsnya!

1. Gunakan Mesin Cuci

Mesin cuci adalah alat untuk mempermudah pekerjaan bersih-bersih. Namun tidak semua jenis bantal bisa dicuci di mesin cuci. Jenis bantal yang aman dicuci menggunakan mesin cuci adalah bantal katun, bulu, bulu halus, dan fiberfill. Cara terbaik untuk menjaga bantal tetap empuk setelah dicuci adalah dengan membaca petunjuk khusus dalam penyucian tiap jenis bantal. Untuk mempermudah, tips berikut dapat dicoba.

Baca Juga:  Bahaya Tidur Setelah Santap Sahur

2. Ikuti langkah beriukut:

  • Lepaskan sarung bantal, cuci secara terpisah
  • Masukan 2 bantal sekaligus untuk menyeimbangkan berat beban cucian
  • Gunakan detergen ringan dan hindari menggunakan pemutih. Pemutih akan membuat bantal menyusut
  • Gunakan kecepatan ringan hingga sedang
  • Bila terdapat spot dengan noda, ucek dengan tangan. Bisa gunakan kain lembap dengan larutan sabun lalu gosok bagian yang memiliki noda
  • Keringkan bantal dengan mesin pengering, lalu jemur selama beberapa jam hingga benar-benar kering
  • Setelah kering, bantal siap digunakan kembali!
Baca Juga:  Cukup KTP dan NPWP, Kamu Bisa Punya Rumah di Mandiri Property Expo 2018

Tips: Untuk bantal busa, lepaskan pelindung bantal dan cuci busa bantal pada mesin cuci.

Bantal yang kotor dapat menjadi faktor pendukung timbulnya jerawat pada wajah. Maka dari itu, yuk jaga kebersihan bantal.

Tinggalkan Balasan

banner 728x90