HomeHankam

TNI akan Kawal Pembelian Gabah, Pengadaan Pupuk dan Benih

Panglima TNI Jenderal TNI Gatot Nurmantyo

JAKARTA, SUARADEWAN.com – TNI akan ikut mengambil peran dalam upaya mewujudkan program swasembada pangan yang dicanangkan oleh pemerintah.

Salah satu bentuk dari peran itu adalah dengan mengawal gagasan Menteri Pertanian Andi Amran Sulaiman untuk membeli gabah dari petani sesuai dengan Harga Pembelian Pemerintah (HPP) yang ideal yakni berkisar Rp. 3.700 – Rp 3.900/kg.

Menurut Panglima TNI Jenderal TNI Gatot Nurmantyo, jika gabah dibeli dari petani dengan harga dibawah HPP itu maka petani akan merugi. Karena itu Gatot meminta Kodim untuk membeli gabah langsung dari petani sesuai HPP.

“Kasihan petani yang telah bersusah payah menanam jalau harga yang diteŕima Rp 2.800. Saya minta Kodim agar membeli gabah langsung dari petani dan bila perlu disimpan di Kodim kalau ngak ada tempat penampungan lagi,” Kata Gatot saat Rapat Gabungan Percepatan Serap Gabah dan Pengamanan Harga 2017 di Kantor Pusat Kementrian Pertanian, Jakarta, Kamis (23/2).

Selain mengawal harga gabah, TNI juga akan menindak tegas pihak-pihak yang berbuat curang dalam pengadaan pupuk dan benih. (ZA)

COMMENTS

WORDPRESS: 0
DISQUS: 0