HomeHankam

TNI AL Gagalkan Upaya Penyelundupan 8 WN Somalia dari Malaysia ke Indonesia

TNI AL Gagalkan Upaya Penyelundupan 8 WN Somalia dari Malaysia ke Indonesia

JAKARTA,SUARADEWAN.com – TNI Angkatan Laut menggagalkan upaya penyelundupan delapan warga negara Somalia ke Indonesia melalui Malaysia di perairan Bagan Asahan, Sumatera Utara, pada Jumat (28/4/17) sekitar pukul 01.30 WIB dinihari.

Kabag Humas dan Umum Direktorat Jenderal Imigrasi Kementerian Hukum dan HAM, Agung Sampurno mengungkapkan, penyelundupan menggunakan perahu milik warga negara Indonesia.

“Ada delapan imihran gelap asal Somalia yang diamankan oleh patroli angkatan laut Tanjungbalai, Asahan, di perairan Bagan Asahan,” ujar Agung, Sabtu (29/4/17)

Baca Juga:  Terkuak Jaringan Penyelundupan WN Bangladesh di Riau

Namun saat hendak dicegat oleh patroli laut TNI AL Tanjungbalai Asahan, nahkoda dan anak buah kapal melarikan diri dengan cara melompat dari kapal. Mereka juga diyakini membawa kabur dokumen paspor delapam WN Somalia yang akan diselundupkan.

Selain delapan WN Somalia, seorang TKI ilegal juga turut diamankan oleh petugas. Saat ini meraka diamankan Kantor Imigrasi Tanjungbalai untuk kepentingan pemeriksaan periksaan lebih dalam.

Baca Juga:  TNI AL Gagalkan Upaya Human Trafficking ke Malaysia

Agung menuturkan, mereka adalah para pengungsi yang tinggal dan berada di Malaysia. Dari pengakuan mereka ke petugas, jelas Agung, berniat mencari suaka di Indonesia dan mereka sebelumnya sudah berada di Malaysia selama dua minggu sebelum diselundupkan ke Indonesia. (DD)

COMMENTS

WORDPRESS: 0
DISQUS: