Tokoh Nasional yang Mendukung Somasi KPU Terus Bertambah

SUARADEWAN.com – Pakar Hukum Tata Negara Universitas Andalas, Feri Amsari, mengungkapkan bahwa surat terbuka atau somasi yang ditujukan kepada KPU kini telah mendapat dukungan dari 35 tokoh nasional dan masih akan terus bergulir.

“Benar (saya bersama puluhan tokoh lainnya membuat surat teguran tersebut). Masih banyak tokoh lain yang akan ikut,” ungkapnya dalam laporan tertulis (13/12/2022).

Di antara tokoh-tokoh nasional yang mendukung somasi tersebut adalah: Busyro Muqoddas, Novel Baswedan, Feri Amsari, Abraham Samad, Djohermansyah Djohan, Hadar Nafis Gumay, Saut Situmorang, Totok Dwi Diantoro, Herlambang P. Wiratraman.

Lalu juga Nanang Farid Syam, Abdullah Hehamahua, Alghiffari Aqsa, LBH PP Muhammadiyah, Sujanarko, Adnan Topan Husodo, Dadang Trisasongko, Prof Ni’matul Huda, Sigit Riyanto, Prof. Ramlan Surbakti.

Juga termasuk Laode M Syarif, M Praswad Nugraha (IM57 Institute), Lakso A, Budi Santoso, Saor Siagian, Hasrul Halili, dan Ahmad Khoirul Umam (Paramadina), Suparman Marzuki, Giri Suprapdiono.

Dan Titi Anggraini, Gita Putri Damayana, Hadar Navis Gumay, Warkhatun Najidah, Idul Rishan, Zainal Arifin Mochtar (UGM), Dhia Al Uyun (FH UB), dan Aan Eko Widiarto (FH UB).

Dalam surat tersebut, tokoh-tokoh nasional tersebut menuliskan himbauan agar praktik kecurangan dalam Pemilu tidak dilanjutkan. Mereka menghimbau pihak-pihak yang berkepentingan agar membenahi proses penyelenggaraan Pemilu.

Ada empat himbauan yang mereka sampaikan dalam surat terbuka atau somasi tersebut:

1. Memberhentikan seluruh penyelenggara Pemilu yang terlibat dalam kecurangan verifikasi.

2. Menyampaikan bukti-bukti kecurangan kepada publik atau posko-posko khusus bentukan sipil.

3. Merahasiakan identitas pelapor kecurangan untuk melindunginya.

4. Mengawasi untuk memastikan seluruh proses Pemliu agar berlangsung dalam asas Luber dan Jurdil.

Untuk menjamin Pemilu berlangsung dengan asas Luber dan Jurdil, maka harus dipastikan penyelenggaraannya tepat waktu. Hal ini bertujuan supaya tidak ada pihak yang memanfaatkan atau menunda dan merusaknya. ***

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

banner 728x90