Pemda Yogyakarta Segera Realisasikan Tol Yogya-YIA

SUARADEWAN.com – Tol yang akan dibangun menghubungkan Kota Yogyakarta dengan Yogyakarta International Airport (YIA) di Kabupaten Kulonprogo direncanakan melintasi 30 kalurahan di 3 kabupaten.

Panjang jalan bebas hambatan tersebut diperkirakan 38,57 kilometer. Lahan yang akan digunakan seluas 5.033.696 meter persegi. Tiga kabupaten yang akan dilintasi adalah Sleman, Bantul, dan Kulonprogo.

Baca Juga:  ABG Jogja Lebarkan Sayap Jaga NKRI, Harjo: Kami Mendukung

General Manager Lahan dan Utilitas PT Jogjasolo Marga Makmur Muhammad Amin menjelaskan bahwa pembangunan tol ini bertujuan meningkatkan perekonomian dengan mendukung tumbuhnya kawasan industri di Yogya.

Ia juga menyebutkan telah menerima dana sebesar 3,8 triliun rupiah guna membayar pembebasan lahan dari warga yang tanahnya akan digunakan. Pembebasan lahan akan dilaksanakan pada kuartal pertama tahun 2023 hingga kuartal kedua tahun 2024.

Baca Juga:  Polisi Tertibkan Atribut FPI di DI. Yogyakarta

Sedangkan untuk pembangunannya ia mengatakan, “Konstruksinya dijadwalkan dimulai di kuartal keempat 2023, di akhir tahun 2023. Kemudian Tol Yogya-YIA akan selesai di kuartal ketiga 2025.” (***)

Tinggalkan Balasan

banner 728x90