HomeHukum dan HAM

Tuntaskan Kasus Teror Novel, Komnas HAM Bentuk Tim Pencari Fakta

Tuntaskan Kasus Teror Novel, Komnas HAM Bentuk Tim Pencari Fakta

JAKARTA, SUARADEWAN.com – Guna mendorong Kepolisian dan aparat penegak hukum lainnya dalam menuntaskan kasus teror yang dialami penyidik Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), Komisi Nasional Hak Asasi Manusia (Komnas HAM) telah membentuk Tim Gabungan Pencari Fakta (TGPF).

Komisioner Komnas HAM Hafid Abbas menerrangkan, tim ini terdiri dari sejumlah LSM dan ormas. “Ada beberapa kelompok civil society, seperti LBH Jakarta dan PP Muhammadiyah. Mereka mengharapkan dari pihak terkait, terutama polisi, untuk mengungkap secara tuntas kasus teror ini,” terangnya dalam jumpa pers di kantornya, Selasa (23/5/17).

Baca Juga:  Alumni 212 Bantu Rizieq, Komnas HAM Siap Beri Rekomendasi

Komnas HAM sebelumnya telah bekerja membantu kepolisian mendapatkan fakta-fakta kasus Novel Baswedan. Namun belum secara maksimal, karena minimnya peran dari berbagai pihak. Oleh sebab itu, pembentukan TGPF ini dirasa sangat perlu.

“Memang polisi tidak tinggal diam ada upaya untuk mengungkap, tapi kelihatannya itu belum cukup, maka dari civil society membentuk tim gabungan pencari fakta,” sebutnya.

Baca Juga:  Begini Kata DPR Soal Calon Komisioner Komnas HAM Terindikasi Kelompok Radikal

Sementara itu dalam kesempatan yang sama, Siane Indriani, Koordinator Sub Pemantauan dan Penyelidikan Komnas HAM menjelaskan, TGPF tidak melakukan penyelidikan tetapi mencari fakta untuk diberikan kepada kepolisian.

“Agar efisien, nanti ada banyak yang terlibat tetapi belum kita data civil society-nya. Fakta itu nantinya kita gabung sinkronkan, lalu diberikan ke kepolisian, agar membantu kepolisian,” pungkasnya. (dd)

COMMENTS

WORDPRESS: 0
DISQUS: