HomeInternasionalEropa-Amerika

Ungguli Le Pen, Macron Dipastikan Jadi Presiden Perancis Termuda

Ungguli Le Pen, Macron Dipastikan Jadi Presiden Perancis Termuda

PRANCIS, SUARADEWAN.com – Melalui jejak pendapat dari berbagai lembaga survei maka sudah dipastikan calon Presiden Prancis Pro Uni Eropa Emmanuel Macron diprediksi bakal menjadi presiden ke-25 Prancis setelah mengalahkan calon presiden dari Partai Front Nasional Prancis Marine Le Pen.

Hal itu diketahui, pada Minggu malam (7/5), IFOP dan Kantar-Safres Macron mengamankan 56, persen suara dibandingkan 34,5 persen suara yang didapat Le Pen. Perhitungan serupa dirilis oleh Harris Interactive yang menunjukkan Macron memperoleh 66,1 persen suara dibandingkan 33,9 persen suara untuk Le Pen.

Kementerian Dalam Negeri hingga pukul 17.00 waktu setempat, menjelaskan bahwa jumlah pemilih yang masuk tercatat 65,30 persen. Angka tersebut masih lebih rendah dibandingkan dengan 71,96 persen pada 2012 dan 75,11 persen pada 2007.

Dilansir lewat situs berita CNBC, Minggu (7/5), Le Pen mengakui kekalahan dalam sebuah panggilan telepon sekitar pukul 10.00 waktu setempat. Dalam sebuah pidato di markas kampanyenya, Le Pen meminta pendukungnya bergabung dalam sebuah gerakan baru.

Macron, 39 tahun, adalah kandidat Presiden termuda Prancis. Ia mengkampanyekan kerja sama negara-negara di Eropa. Dia juga didorong untuk melakukan negosiasi jalan keluar adanya persoalan blok perdagangan. Sementara lawan beratnya Marine Le Pen, umur  48 tahun. Le Pen dinobatkan sebagai Trumpnya Prancis lantaran selalu melontarkan pernyataan kontroversial.

Perancis memiliki jumlah penduduk sekitar 64,89 juta orang. Menurut perkiraan terbaru dari Perserikatan Bangsa-Bangsa, terdapat sekitar 47 juta orang berhak memilih dalam pemilihan umum, Ahad kemarin. (aw/te)

COMMENTS

WORDPRESS: 0
DISQUS: