Unik, Pulau Tersembunyi di Sultra Ini Dihuni Warga yang Mirip Orang Eropa

SUARADEWAN.com – Kampung unik di Sulawesi Tenggara selalu menarik untuk dijelajahi. Di sini, ada banyak surga tersembunyi yang menakjubkan membuat wisatawan penasaran.

Sulawesi Tenggara tidak hanya memiliki pemandangan alam bahari saja, ternyata di sini juga ada perkampungan unik yang bisa dikunjungi, yaitu Pulau Siompu.

Kampung unik di Sulawesi Tenggara ini dikenal dengan warganya yang memiliki mata berwarna biru. Terlihat cantik dan tampan bak orang Eropa.

Penasaran ingin tahu lebih dalam mengenai keunikan Pulau Siompu yang eksotis di Sulawesi Tenggara? Berikut ulasannya dirangkum pada Selasa (3/1/2023).

Kampung unik di Sulawesi Tenggara

Bagi pencinta keindahan bawah laut, pasti tak asing lagi dengan Pulau Siompu. Pulau ini berada di Kabupaten Buton, Bau-Bau, Sulawesi Tenggara.

Pulau Siompu memiliki luas sekitar 60 kilometer persegi dan banyak terdapat batu kapur yang tajam dan keras. Pulau ini bersama dengan pulau-pulau lain di sekitarnya membentuk gugusan terumbu karang yang sangat memesona.

Untuk menikmati keindahan bawah lautnya, Anda bisa menyelam di pulau ini. Salah satu titik selam yang terkenal yaitu Tongali Ridge. Di kawasan ini banyak ikan hiu yang hilir mudik. Anda pasti akan terkejut karena di kedalaman 15 meter saja sudah bisa menyaksikan pemandangan bawah laut yang menakjubkan. Dinding-dinding karang ditumbuhi bunga karang menjadi pemandangan yang cantik di dasar laut, di tambah dengan warna-warni ikan dan jaring para nelayan melengkapi pemandangan bawah laut.

Air laut di Pulau Siompu sangat jernih, airnya berwarna biru. Selain pantai dan pemandangan bawah laut yang indah, Pulau Siompu juga terkenal dengan jeruknya yang khas. Mayoritas penduduk Siompu memang menjadi petani jeruk. Meskipun keadaan alam Pulau Siompu dipenuhi dengan cadas dan batu karang tapi tidak menghalangi tanaman jeruk untuk tumbuh subur di pulau ini. Jeruk Siompu merupakan salah satu jenis jeruk yang langka.

Warga bermata biru di Pulau Siompu

Pulau Siompu secara administratif dibagi menjadi dua kecamatan, yakni Siompu Timur dan Siompu Barat. Selain pemandangan baharinya yang menakjubkan, ada satu lagi pesona yang tersimpan di pulau dengan vegetasi alam berupa perbukitan batu karang dan tebing ini. Di sini terdapat sekelompok masyarakat yang berparas mirip dengan orang bule.

Tepatnya, di Kaimbulawa, desa seluas 9,6 km2 di Kecamatan Siompu Timur ini terdapat sekelompok warga dengan ciri unik. Mereka berbola mata biru atau berambut pirang mirip bangsa Kaukasia atau orang Eropa. Kulitnya putih pucat. Desa Kaimbulawa jaraknya sekitar 10 kilometer dari Lapara, ibu kota Siompu Timur.

Untuk bisa bertemu dengan para pemilik mata biru harus menaklukkan jalanan terjal hingga ke perbukitan Kaimbulawa. Di kawasan perbukitan ini kelompok mata biru bermukim dan menjadi bagian dari populasi 1.010 jiwa masyarakat Kaimbulawa. Fenomena masyarakat bermata biru ini pertama kali diungkapkan oleh La Ode Yusrie.

Itu sederet cerita Kampung Unik di Sulawesi Tenggara yang akan membuat siapa saja penasaran untuk berkunjung.

Artikel ini telah tayang di www.inews.id dengan judul: Kampung Unik di Sulawesi Tenggara, Ada Pulau Tersembunyi Dihuni Warga yang Mirip Orang Eropa

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

banner 728x90