Upaya Pemerintah Turunkan Stunting Dinilai Sukses oleh Ma’ruf Amin

SUARADEWAN.com – Wakil Presiden KH. Ma’ruf Amin menghadiri Forum Nasional Stunting Tahun 2022 di Jakarta, Selasa (6/12).

Ma’ruf menyatakan bahwa populasi dan proporsi stunting berhasil diturunkan, yang semula 30,8% pada 2018 lalu, kini turun menjadi 24,4% pada tahun 2021.

“Alhamdulillah, prevalensi stunting berhasil diturunkan dari 30,8% pada tahun 2018 menjadi 24,4% pada tahun 2021 ” tulis Ma’ruf Amin di akun facebook-nya.

Menurut paparannya, pemerintah sudah berupaya selama empat tahun ini untuk mempercepat penurunan stunting, target prevalensi hingga 14% pada tahun2024. Harapannya, pada 2030 Indonesia sudah tidak memiliki permasalahan lagi terkait gizi.

“Dalam empat tahun ini pemerintah telah berupaya untuk percepatan penurunan stunting dengan target prevalensi 14% pada tahun 2024. Kita ingin segala bentuk masalah gizi dihapuskan dari Indonesia pada tahun 2030 sesuai dengan target SDGs,” paparnya.

Ma’ruf menghimbau agar para pemerintah daerah, mulai dari gubernur hingga kepala desa dapat memimpin untuk mengkoordinasikan pelaksanaan program-program yang bisa menjadi solusi dari persoalan stunting.

“Saya minta para gubernur dan wakil Gubernur, bupati dan wakil Bupati, wali kota dan wakil wali kota, camat, kepala desa dan lurah untuk memimpin secara langsung dalam mengkoordinasikan pelaksanaan program dalam lingkup kewenangannya,” himbaunya.

“Kepada kementrian, lembaga, para gubernur, bupati, wali kota, camat, kepala desa dan lurah yang secara struktural mempunyai kader di lapangan, saya meminta untuk melakukan penguatan koordinasi para pegiat di lapangan, meningkatkan kapasitas dan memberikan dukungan bagi pelaksanaan tugas,” imbuhnya.

Mutu generasi penerus bangsa dipertaruhkan dan ditentukan oleh upaya pemerintah saat ini. Oleh karenanya, Ma’ruf mengajak kita semua untuk terlibat dalam upaya tersebut demi keberlangsungan estafet kepemimpinan dan pembangunan Indonesia oleh generasi muda.

“Upaya kita saat ini akan menentukan mutu generasi penerus bangsa yang akan melanjutkan estafet kepemimpinan dan pembangunan Indonesia di masa depan,” pungkasnya. (**)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

banner 728x90