Ustadz Ilham: Warga Sumatera Utara Harus Memelihara dan Merawat Kerukunan Beragama

Dinamika ekspresi keberagamaan di era demokrasi terkadang berpotensi memunculkan ketegangan dan konflik antar masyarakat, antar umat beragama atau bahkan internal umat beragama.Oleh karena itu, diperlukan moderasi salah satunya moderasi beragama untuk menjaga keharmonisan masyarakat.

SUMUT, SUARADEWAN.com – Dinamika ekspresi keberagamaan di era demokrasi terkadang berpotensi memunculkan ketegangan dan konflik antar masyarakat, antar umat beragama atau bahkan internal umat beragama.

Oleh karena itu, diperlukan moderasi salah satunya moderasi beragama untuk menjaga keharmonisan masyarakat.

“Moderasi beragama sesungguhnya merupakan kunci terciptanya toleransi dan kerukunan, umat muslim tidak boleh menghalangi atau mengganggu ibadah orang lain seperti ibadah Natal bagi umat Kristiani pada tanggal 25 Desember mendatang sehingga akan tercipta kerukunan antar umat beragama” tutur Ustadz H. Ilham Maulana, S.Pdi, MA saat mengisi ceramah Sholat Jumat di Masjid Salam Jl. Pelabuhan Belawan, Kec. Medan Belawan, Sumut, Jumat 16 Desember 2022.

Lebih lanjut Ustadz H. Ilham Maulana, S.Pdi, MA menyampaikan, bahwa moderasi dapat diukur dalam empat indikator diantaranya toleransi, anti kekerasan, komitmen kebangsaan, serta pemahaman dan perilaku beragama yang akomodatif terhadap budaya lokal atau konteks Indonesia yang multi-kultural dan multi-agama.

Untuk itu, keempat indikator tersebut harus selalu dijaga dan dilaksanakan oleh seluruh elemen masyarakat sebagai upaya menciptakan kerukunan berbangsa dan bernegara yang berkelanjutan.

“Tugas penguatan kerukunan umat beragama di samping dilakukan oleh pemerintah, juga dilakukan oleh para tokoh agama. Para tokoh ini merupakan modal yang berharga bagi Sumut dalam mewujudkan kerukunan umat beragama,” tegas Ustadz H. Ilham Maulana, S.Pdi, MA

Oleh karena itu dihimbau kepada tokoh agama dan masyarakat Sumut khususnya Jamaah Masjid Salam agar dapat terus menjadi wadah dalam berdakwah sehingga dapat menjaga terciptanya kerukunan beragama di Prop. Sumut.

“Harapan besar kepada Jamaah Masjid Salam adalah memelihara dan merawat kerukunan beragama yang diwujudkan dalam tugasnya yaitu melakukan dialog dengan pemuka agama dan tokoh masyarakat serta mampu menjadi jembatan bagi umat untuk menggerakkan moderasi beragama, baik dalam keyakinan dan pemahaman keagamaan maupun tindakan konkret dalam melakukan pencegahan, mediasi, dan penyelesaian konflik antar umat beragama,” tuturnya.***

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

banner 728x90