HomeDaerahSulutenggo

Wabup Oskar Manoppo Membuka Konsultasi Publik-2 KLHS RPJMD Tahun 2021-2026

Wabup Oskar Manoppo Membuka Konsultasi Publik-2 KLHS RPJMD Tahun 2021-2026

BOLTIM, SUARADEWAN.com — Wakil Bupati Bolaang Mongondow Timur Oskar Manoppo, mewakili Bupati Sam Sachrul Mamonto Selasa (06/07) membuka kegiatan Dinas Lingkungan Hidup (DLH) yang menggelar rapat Focus Group Discussion (FGD) 5, (Konsutasi Publik-2) terkait Penyusunan Dokumen Kajian Lingkungan Hidup Strategis (KLHS) Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) tahun 2021-2026.

Dalam kegiatan yang dilaksanakan di Aula gedung lantai III kantor Bupati ini, dihadiri Sekretaris Daerah (Sekda) Dr. Sonny Warokka, Unsur forkopimda Boltim, para Pimpinan SKPD, para Camat, Sangadi dan Kepala Bagian.

Wabup dalam membacakan sambutan Bupati Boltim Sam Sachrul Mamonto, S. Sos mengatakan, permasalahan lingkungan hidup di Kabupaten Boltim perlu penataan yang serius, baik dari sisi kuantitas dan kualitas lingkungannya. Berbagai program dan instrumen pengaturan terkait lingkungan sementara dibangun dan di kembangkan, namun dampaknya masih belum menyentuh kearah permasalahan.

Baca Juga:  Sachrul-Oskar: Kami Akan Lakukan Reposisi Jabatan di Boltim Secara Bertahap

“Terutama penggunaan sumber daya alam yang harus selaras, serasi dan seimbang dengan fungsi lingkungan hidup, sebagai konsekuensinya, kebijakan, rencana atau program pembangunanharus memperhatikan aspek lingkungan hidup dan mewujudkan tujuan berkelanjutan sebagaimana di amanatkan di dalam Undang-undang nomor 32 tahun tahun 2009,” ujar Wabup.

Oskar juga menambahkan, sebagai tindak lanjut pelaksanaan tujuan pembangunan dalam upaya mensejahterakan masyarakat dengan menjaga keberlangsungan sumberdaya dan kelestarian lingkungan hidup.

Baca Juga:  Dinas PMD Boltim Gelar Kegiatan Launching Penggunaan DD dan Penyerahan BLT

“Maka pemerintah menerbitkan peraturan Menteri dalam negeri nomor 7 tahun 2018 tentang pembuatan dan pelaksanaan KLHS RPJMD, dimana KLHS RPJMD sendiri dimaknai sebagai analisis sestematis, menyeluruh, dan partisipatif yang menjadi dasar untuk mengintegrasikan tujuan pembangunan berkelanjutan dalam dokumen RPJMD,” ungkapnya

Wabup juga berharap, ”kiranya hasil dari KLHS RPJMD ini dapat memberikan kontribusi terhadap proses rencana untuk pengambilan keputusan yang optimal dalam perencanaan pembangunan di Kabupaten Boltim,” tutup Oskar. (ADV/DM)

COMMENTS

WORDPRESS: 0
DISQUS: 0