Wakil Ketua Komisi XI DPR RI, Doffie OFP: Calon ADK Lembaga Keuangan Tak Boleh Dari Parpol

SUARADEWAN.com – Menanggapi isu yang berkembang terkait independensi lembaga, RUU P2SK, Wakil Ketua Komisi XI DPR RI, Doffie OFP tegaskan, calon anggota dewan komisi (ADK) lembaga keiangan tidak boleh dari Parpol. Hal tersebut disampaikan dalam konferensi press tepat seusai digelarnya rapat paripurna di Senayan (15/12).

“Di undang-undang ini, kita tegaskan di dalam BI, OJK, maupun LPS, ditegaskan bahwa apabila mau menjadi calon ADK maka dia tidak berasal dari anggota partai dan pengurus partai pada saat pendaftaran. Itu jaminan independensi,” jelas Dolfie dalam konferensi pers usai Rapat Paripurna di Komplek Parlemen Senayan, Jakarta, Kamis (15/12/2022).

Rancangan Undang-Undang Pengembangan dan Penguatan Sektor Keuangan (RUU P2SK) akhirnya resmi disahkan menjadi Undang-Undang (UU) dalam Rapat Paripurna DPR RI Ke-13 Masa Persidangan II Tahun Sidang 2022-2023.

Dolfie menjelaskan, aturan baru ini justru lebih menekankan adanya independensi lembaga dari unsur politik. Sebab, dalam UU sebelumnya justru masih diperbolehkan untuk calon ADK berasal dari partai politik. Sehingga, adanya UU P2SK ini menyempurnakan sekaligus menjamin lembaga keuangan negara soal keindependensian.

“Malah kita menegaskan di sini untuk (Calon ADK) tidak lagi boleh dari partai politik pada saat menjabat, pada saat (menjadi) calon dia harus mundur. Di undang-undang lama malah dibolehkan. Nah itu menurut saya itu suatu jaminan lah,” tambah Politisi dari Fraksi PDI-Perjuangan ini.

Dolfie juga menegaskan UU P2SK ini juga menjaga independensi lembaga keuangan negara bukan hanya dari partai politik namun juga dari intervensi oligarki.

“Kita harus terjemahkan independensi itu bukan hanya terhadap partai politik. Sekarang lagi ramai soal oligarki, independensi juga terhadap oligarki. Jadi independen jangan dibatasi pada perspektif seolah-olah kalau dari partai politik nggak independen, tapi kalau dari oligarki (itu) independen, kan enggak,” tutup mantan Ketua Panitia Kerja RUU P2SK ini. [***}

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

banner 728x90