oleh

Walikota Tangsel Apresiasi Festival Jurnalistik 2017

TANGSEL, SUARADEWAN.com – Walikota Tangerang Selatan (Tangsel) Airin Rachmi Diany mengapresiasi Festival Jurnalitsik yang digelar oleh Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Kota Tangsel bertempat di Resto Kampung Anggrek, Kelurahan Buaran, Kecamatan Serpong, pada Jumat (13/10).

Festival dihadiri oleh berbagai elemen masyarakat dan organisasi kepemudaan. Airin yang hadir mengenakan kemeja putih pun mengawali kegiatan dengan memberikan sambutan. Menurutnya, apa yang digelar oleh PWI memberikan dampak positif bagi masyarakat dan dunia birokrasi. Hal ini yang perlu dipertahankan dan dikembangkan untuk kedepannya.

“Yang diselenggarakan oleh PWI ini sangat baik sekali apalagi saat ini sedang marak media sosial yang harus disikapi secara hati-hati banyaknya berita bohong,” kata Airin.

Airin Rachmi Diany saat memberikan materi (13/10)

Baca juga:

Baca Juga:  Dewan Pers: Wartawan yang Jadi Timses atau Caleg Harus Mundur

Kegiatan yang mengusung tema “Menyikapi Perkembangan Teknologi Informatika Melalui Menumbuhkan Kecerdasan Masyarakat Melalui Jurnalisme Warga” sangat perlu diperhatikan. Mengingat berdasarkan pengamatan dirinya dan juga informasi yang didapat dari lingkungan Universitas Harvard kondisinya sama problem media sosial. Berbagai postingan provokasi bermunculan di tengah masyarakat.

“Informasi dari kawan kami salah satu profesor di Harvard satu hal menarik di luar negeri sama bebasnya di Indonesia, yakni sedang mengalami era media sosial secara bebas. Tentu dalam menghadapi persoalan ini hukum aturan dikuatkan manakala postingan disebarluaskan dihukum sekeras-kerasnya,” paparnya.

Hal senada diungkapkan oleh Staf Ahli Menteri, Bidang Ekonomi Sosial Budaya, Kementerian Komunikasi dan Informatika, Lala M Kolopaking pun mengaresiasi kegiatan PWI Tangsel.

“Tangsel yang mengawali kegiatan ini tentunya menjadi inisiator di Banten, Banten juga seharusnya melanjutkan untuk dapat bekerjasama dengan daerah lain hingga ke tingkat nasional dan dunia,” ujarnya.

Baca Juga:  Pemkot Tangsel Adakan Rapat Muspida Jelang Natal dan Tahun Baru
Wakil Walikota Tangsel Benyamin Davnie dan Komedian Ternama Nardji Cagur pose bersama sejumlah tamu undangan dan anggota PWI Tangsel.

Kemudian kaitannya tentang informasi yang beredar di media sosial, tentang informasi dan berita. Menurutnya informasi belum tentu sebuah berita, karena itu dibutuhkan pemahaman pembaca untuk mencernanya.

“Dalam era kondisi seperti ini perlu memberikan wadah dan pemahaman tentang sumber informasi dan berita. Tidak semua informasi menjadi berita. Adapun berita terdiri dari kaidah ilmu jurnalistik,” bebernya.

Sebelumnya, pada Kamis (12/10) Wakil Walikota Tangsel Benyamin Davnie juga hadir memberikan materi tentang “Peran Penting Warga Dalam Dunia Jurnalisme.” Selain itu hadir juga Anggota Dewan Pers, Hendry CH Bangun dan Komedian ternama Nardji Cagur. (FN)

Komentar

Berita Lainnya