Wapres Ma’ruf Amin Hadiri Acara PROPER Bahas Perubahan Iklim

SUARADEWAN.com – Wakil Presiden KH.  Ma’ruf Amin menghadiri acara Penganugerahan Penghargaan Program Penilaian Peringkat Kinerja Perusahaan dalam Pengelolaan Lingkungan Hidup (PROPER) Tahun 2022 di Istana Wapres, Jakarta, pada Kamis (29/12/22).

Dalam acara tersebut seperti disampaikan oleh Wapres, diharapkan perusahaan bisa menjadi penggerak perubahan. Terutama dalam hal menjaga lingkungan.

“Saya berharap, makin banyak perusahaan yang akan menjadi agen perubahan. Utamanya dengan melibatkan para pemangku kepentingan untuk ikut menjaga lingkungan dan mengurangi dampak lingkungan,” tulisnya di akun facebook pribadinya.

Salah satu target pemerintah adalah penurunan emisi yang mana hal itu lagi menjadi perbincangan global, karena dampaknya yang begitu vital bagi kerusakan bumi.

“Pemerintah menargetkan penurunan emisi Indonesia dalam Enhanced Nationally Determined Contributions menjadi 31,89% dengan kemampuan sendiri, dan 43,20% dengan dukungan internasional di tahun 2030 yang didasarkan pada sejumlah kebijakan nasional,” tandasnya.

Penurunan emisi yang lagi diupayakan pemerintah, menurutnya, sejalan dengan kebijakan-kebijakan pemerintah yang sudah berjalan selama ini.

“Peningkatan target tersebut didasarkan pada beragam kebijakan nasional terkait perubahan iklim, seperti penerapan pajak karbon, upaya mencapai FOLU Net Sink 2030, mempercepat pengembangan ekosistem kendaraan listrik, serta inisiasi program biodiesel B40,” paparnya.

“Target tersebut merupakan tantangan tersendiri bagi Pemerintah yang tentunya membutuhkan kerja sama dengan sektor usaha,” sambungnya.

Wapres menyampaikan bahwa dirinya tidak memungkiri, bahkan berharap peran dari tokoh-tokoh dunia untuk sama-sama memikirkan nasib bumi dengan berpartisipasi dalam mengatasi perubahan iklim.

“Partisipasi aktif dunia usaha dalam aksi-aksi nyata untuk mengatasi perubahan iklim dan mengelola lingkungan berkelanjutan, sangat dinantikan,” ujarnya.

“Saya berharap Anugerah PROPER ini dapat melahirkan berbagai program inklusif yang melibatkan banyak pihak demi keberhasilan pelestarian lingkungan,” pungkasnya. (**)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

banner 728x90