HomeSosial Budaya

Waspadai Serangan Siber Global, Kemkominfo: Senin Besok Komputer jangan Langsung dibuka

Waspadai Serangan Siber Global, Kemkominfo: Senin Besok Komputer jangan Langsung dibuka

JAKARTA, SUARADEWAN.com – Kementerian Komunikasi dan Informatika mengimbau masyarakat untuk mewaspadai serangan siber yang saat ini mewabah di beberapa negara, termasuk Indonesia.

Serangan siber yang menyerang Indonesia berjenis ransomware. Ransomware adalah sebuah jenis malicious software atau malware yang menyerang komputer korban dengan cara mengunci komputer korban atau meng-encrypt semua file yang ada sehingga tidak bisa diakses kembali.

Menurut Direktur Jenderal Aplikasi Informatika, Semuel A. Pangerapan, serangan siber ini bersifat tersebar dan masif serta menyerang critical resource (sumber daya sangat penting), maka serangan ini bisa dikategorikan teroris siber.

Berdasarkan laporan yang diterima oleh Kominfo, di Indonesia, serangan syber ini telah berhasil melumpuhkan Rumah Sakit Harapan Kita dan Rumah Sakit Dharmais. “Dengan adanya serangan siber ini kami minta agar masyarakat tetap tenang dan meningkatkan kehati-hatian dalam berinteraksi di dunia siber,” ujar Semuel dalam siaran persnya, Sabtu (13/5/17).

Samuel menambahkan, agar pada hari Senin besok penguna computer untuk tidak langsung membuka komputer. Dirinya mengimbau, sebelum membuka komputer sebaiknya melakukan upaya antisipasi dengan melakukan back up data.

“Ini kan libur panjang (akhir pekan), beberapa kantor ada yang tutup hingga Senin depan. Takutnya begitu menyalakan PC mereka terinfeksi sehingga (ransomware WannaCry) masuk ke jaringan,” terangnya.

Sementara itu, Ketua Id-SIRTII M. Salahuddin juga melayakangkan himbaun serupa,”Agar PC-PC dan bentuk Komputer Personal dan Jaringan lainnya jangan terhubung ke LAN dan Internet dulu,.Terlebih dahulu lakukan backup data penting. Pastikan software anti virus sudah update serta security patch yang disarankan oleh microsoft dilakukan terlebih dahulu,” pesannya.

Tindakan Pencegahan sebelum infeksi :

Lakukan beberapa langkah berikut untuk tindakan pencegahan dari terinfeksi malware ransomare jenis wannacry,

Cabut Kabel LAN/Wifi

Lakukan Backup Data

Update Anti-Virus

Update security pada windows anda dengan install Patch MS17-010 yang dikeluarkan oleh microsoct. Lihat : https://technet.microsoft.com/en-us/library/security/ms17-010.aspx

Jangan mengaktifkan fungsi macros

Non aktifkan fungsi SMB v1

Block 139/445 & 3389 Ports.

Tindakan Setelah Infeksi :

Saat ini belum ada solusi yang paling cepat dan jitu untuk mengembalikan file file yang sudah terinfeksi wannacry. Akan tetapi memutuskan sambungan internet dari komputer yang terinfeksi akan menghentikan penyebaran wannacry ke komputer lain yang rentan vulnerable.

Sebagai tambahan yang sangat penting, ID-SIRTII menghimbau agar pada hari Senin besok dan kantor akan buka, mohon diwaspadai ancaman ini dan melakukan hal-hal sebagai berikut :

Agar PC-PC dan bentuk Komputer Personal dan Jaringan lainnya jangan terhubung ke LAN dan Internet dulu. Terlebih dahulu lakukan backup data penting. Pastikan software anti virus sudah update serta security patch yang disarankan oleh microsoft dilakukan terlebih dahulu. (dd)

COMMENTS

WORDPRESS: 0
DISQUS: